Sukses

Hamilton Raih Kemenangan Perdana dengan Mercedes

Pembalap Lewis Hamilton memenangi GP Hongaria yang sekaligus kemenangan perdananya di musim ini.

Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada lomba balap Formula 1 GP Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Ahad (28/7/13) malam WIB. Ini merupakan kemengan pertama Hamilton bersama tim barunya Mercedes di musim 2013.

Hamilton unggul di sepanjang balapan dan mampu mengatasai tekanan dari pembalap Lotus, Kimi Raikkonen, yang finis di posisi kedua dan juara bertahan Sebastian Vettel dari tim Red Bull.

Start dari posisi terdepan, Hamilton langsung tancap gas guna mempertahankan posisinya. Di posisi selanjutnya ada Vettel yang sempat berusaha disalip Romain Grosjean sampai tikungan pertama.

Memasuki lap kedua, Hamilton makin menjauh dari kejaran Vettel. Sementara pembalap Ferrari Fernando Alonso serta rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, mencoba menyodok ke barisan depan.

Usai pitstop pertama di lap ke-10, Hamilton langsung berada di belakang pembalap McLaren, Jenson Button. Namun, pimpinan lomba dialih vettel. Tapi dua lap berselang, Grosjean mengambil alih pemimpin lomba setelah Vettel masuk pitstop. Grosjean masuk pitstop di lap ke-13 dan masuk ke lintasan dengan posisi di belakang Vettel.

Di lap ke-21, Mark Webber gantian memimpin jalannya Hamilton. Tapi, Hamilton membuntuti di belakangnya. Sementara Vettel kesulitan untuk melewati Button. Baru di lap 24, Vettel baru benar-benar bisa melewati Button.

Webber akhirnya masuk pitstop di lap ke-23 dan Hamilton kembali memimpim jalannya balapan. Pembalap Inggris itu unggul 12 detik atas Vettel hingga lap 31. Alonso ada di peringkat ketiga, disusul Webber dan Raikkonen.

Hamilton terus tak terkejar hingga lap ke-50 dan diikuti Vettel. Namun, 10 lap kemudian, posisi Vettel berubah setelah disalip Raikkonen. Kedua pembalap ini terlibat balapan seru untuk meraih posisi kedua. Namun, Vettel sulit mengejar Raikkonen.

Hamilton akhirnya menyelesaikan balapan sebagai juara dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 09,143 detik.(AS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.