Sukses

Euro 2024: Jadi Kunci Kemenangan Inggris, Gareth Southgate Beber Alasan Gantikan Harry Kane dengan Ollie Watkins

Gareth Southgate sekali lagi membuktikan strateginya di Euro 2024 berjalan dengan sempurna. Itu dibuktikannya saat Inggris bungkam Belanda 2-1 di laga semifinal.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris berhasil lolos ke final Euro 2024 usai kalahkan Belanda 2-1 pada laga semifinal yang berlangsung di BVB Dortmund, Kamis (11/7/2024). Dua gol dari Harry Kane dan Ollie Watkins membawa Belanda jumpa Spanyol di laga final.

Duel Inggris melawan Belanda begitu alot. Bahkan, ada sinyal duel bakal diperpanjang sampai extra time karena tak kunjung ada gol hingga menit ke-89.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate ogah mengadu nasib lewat adu penalti. Dia mengantisipasi itu dengan menarik Harry Kane dan masukkan striker Aston Villa Ollie Watkins di menit ke-81.

Southgate juga menarik Phil Foden yang seperti buntu dengan Cole Palmer. Pergantian ini membuahkan hasil karena dua pemain ini membawa Inggris menang lewat gol Ollie Watkins di menit ke-90, hasil umpan dari Cole Palmer.

Gareth Southgate pun membeberkan alasan tarik keluar Harry kane. Padahal, dia sempat berencana terus memainkannya.

"Saya melihat, karena kurang tenaga, kami jadi kurang bisa menekan dan Harry Kane alami cedera ringan. Ollie Watkins bisa menekan dengan baik dan mampu datang dari belakang," kata Southgate seperti dikutip UEFA.com.

"Saya merasa ini momen yang pas untuk mencoba Watkins. Luar biasa, saya sangat senang Ollie bisa mendapatkan momennya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harry Kane: Kami Bikin Sejarah

Harry Kane termasuk salah satu pemain yang vokal saat Inggris dikritik para pengamat. Sepanjang Euro 2024, mantan pemain Inggris seperti Gary Lineker terus kritik penampilan The Three Lions.

Namun Kane teguh dan membalas kritikan dengan tajam. Dia mengatakan, mantan pemain harusnya beri dukungan karena selama ini mereka juga gagal beri trofi untuk Inggris.

"Sejarah tercipta, prestasi luar biasa. Melakukan sesuatu seperti ini jauh dari rumah itu sesuatu yang sangat spesial," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Seluruh Pemain Inggris Siap Tempur

 

Kane mengatakan, semua pemain Inggris siap tempur baik fisik maupun mental. Dia mengatakan pemain tidak mempedulikan apakah main lama atau sebentar.

"Kita bicara soal kesiapan. Anda mungkin hanya main lima menit, satu menit, tapi Anda bisa membuat perbedaan. Anda bisa memenangkan turnamen," ujarnya.

"Dan Ollie sudah menunggu ini. Dia sangat sabar dan apa yang dilakukannya di laga tadi itu luar biasa."

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Belanda vs Inggris

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Stevan de Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Memphis Depay

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Walker, John Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Rice, Trippier; Foden, Bellingham; Harry Kane

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.