Sukses

Kilas Balik Piala Eropa 1968: Lemparan Koin dan Laga Replay Warnai Sukses Italia

Piala Eropa 1968 menghadirkan banyak cerita, termasuk sukses Timnas Italia jadi juara untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Piala Eropa terus meningkat. Jumlah peserta untuk edisi ketiga pada 1968 meningkat menjadi 31 negara.

Dengan bertambahnya peminat, operator kompetisi mengubah format kualifikasi. Dari sebelumnya menghadirkan sistem gugur, peserta dibagi menjadi delapan grup. Para juara kemudian diadu untuk menghadirkan empat tim yang lolos ke turnamen utama.

Berstatus juara dunia, Inggris akhirnya ambil bagian setelah melewatkan dua ajang sebelumnya. Begitu pula Jerman Barat.

Di antara mereka, hanya Inggris yang mampu bicara banyak. Setelah mengungguli tetangga Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara di Grup H, The Three Lions mengalahkan juara bertahan Spanyol lewat agregat 3-1 untuk merebut tiket ke putaran final. Mereka ditemani Italia, juara 1960 Uni Soviet, dan Yugoslavia.

Piala Eropa 1968 menghadirkan banyak cerita. Pertama digunakannya koin untuk menentukan pemenang semifinal Italia kotra Uni Soviet. Metode itu dipakai karena adu penalti belum dipakai, dengan kedua tim bermain tanpa gol meski sudah melakoni perpanjangan waktu.

Italia kembali mesti menjalani situasi unik di final. Koin dianggap terlalu kejam untuk menentukan pemenang. Maka, jika kedudukan kembali imbang, laga ulangan bakal digelar.

Gli Azzurri dan Yugoslavia terkunci dalam kedudukan 1-1 pada pertandingan yang berlangsung 8 Juni. Maka keduanya kembali berduel dua hari berselang dengan Italia menang 2-0. Gelar tersebut melengkapi sukses Timnas Italia yang kala itu sudah menjadi juara Piala Dunia dua kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bintang Piala Eropa 1968

Sukses Italia tidak lepas dari kontribusi nama-nama yang kemudian jadi legenda. Mulai Dino Zoff, Giacinto Facchetti, Sandro Mazzola, hingga Gigi Riva. Nama-nama itulah yang kemudian membawa Gli Azzurri lolos ke final Piala Dunia dua tahun berselang.

Untuk Piala Eropa 1968, sosok Facchetti patut dikedepankan. Bertindak sebagai kapten, dia menebak sisi koin tepat untuk membawa Italia lolos ke final.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Piala Eropa 1968

  • Final 1968 jadi satu-satunya laga Piala Eropa atau Piala Dunia yang ditentukan replay.
  • Kemenangan Italia atas Uni Soviet jadi satu-satunya pertandingan pentas Eropa resmi yang ditentukan lemparan koin.
  • Johan Cruyff melakoni debut bersama Timnas Belanda pada kualifikasi Piala Eropa 1968 melawan Hungaria. Dia mencetak gol untuk membantu negaranya bermain imbang 2-2.
  • Kunjungan Inggris ke Skotlandia pada kualifikasi menarik perhatian 130.711 orang untuk datang ke Hampden Park. Hingga kini masih menjadi rekor penonton terbanyak untuk Piala Eropa.
  • Alan Mullery jadi pemain pertama di Timnas Inggris yang mendapat kartu merah usai diusir wasit pada laga semifinal melawan Yugoslavia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini