Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Republik Ceko yang Selalu Jadi Kuda Hitam

Timnas Republik Ceko memiliki tradisi panjang di sepak bola Eropa. Mereka bahkan sempat menjadi juara pada Euro 1976 ketika masih bersatu dengan Slovakia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Republik Ceko memiliki tradisi panjang di sepak bola Eropa. Mereka bahkan sempat menjadi juara pada Euro 1976 ketika masih bersatu dengan Slovakia.

Setelah pecah, Rep Ceko memang gagal mengulang prestasi. Namun, mereka tidak pernah absen dari Piala Eropa sejak debut sebagai negara independen pada 1996.

Republik Ceko bahkan mampu menembus final pada turnamen di Inggris sebelum kalah dramatis dari Jerman di final akibat gol emas Oliver Bierhoff.

Di Piala Eropa 2024, Rep Ceko masuk Grup F bersama Turki, Georgia, dan Portugal. Mereka meladeni Portugal pada laga pertama di Red Bull Arena, Selasa (18/6/2024) mendatang.

Juga sempat menembus semifinal Euro 2004, Rep Ceko kerap mengejutkan pada panggung internasional. Maka, kontestan lain akan salah besar jika meremehkan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Rep Ceko: Patrik Schick

Patrik Schick adalah penyerang klub Bundesliga, Bayer Leverkusen, dan juga tim nasional Republik Ceko. Dia mulai masuk skuad negara kelahirannya jelang Piala Eropa 2016.

Namun, Schick tidak masuk skuad untuk turnamen tersebut. Dia baru mendapat kepercayaan pada edisi selanjutnya empat tahun berselang.

Schick langsung membayar kepercayaan. Mantan pemain AS Roma ini mencetak lima gol sepanjang turnamen. Dia pun menjadi top skor bersama Cristiano Ronaldo.

Pada panggung klub, Schick memulai karier bersama Sparta Prague. Dia kemudian melanjutkan karier ke Italia bersama Sampdoria dan AS Roma, sebelum dipinang Leverkusen empat tahun silam.

 

3 dari 3 halaman

Pelatih Rep Ceko: Ivan Hasek

Republik Ceko menunjuk Ivan Hasek sebagai pelatih untuk memimpin timnas di Piala Eropa 2024. Ini merupakan kesempatan keduanya setelah dipercaya pada 2009 silam.

Sempat jadi kapten timnas Cekoslovakia kala masih aktif bermain, dia menggantikan Jaroslav Silhavy yang sukses membawa Republik Ceko lolos ke turnamen utama di Jerman.

Hasek mulai bekerja sebagai pelatih sejak 1999. Belasan klub sudah ditanganinya, mulai dalam negeri hingga tim-tim dari Jepang, Arab Saudi, hingga Uni Emirat Arab. Hasek bahkan sempat jadi pelatih Timnas Gabon.

Kiprahnya pada periode kepelatihan pertama di Timnas Rep Ceko juga diwarnai cerita unik. Saat itu dia menjabat sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Rep Ceko sebelum memutuskan turun gunung menangani timnas. Namun, Hasek cuma bekerja sebentar hingga kualifikasi Piala Dunia 2010 selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini