Sukses

PSBS Biak Bakal Dilatih Eks Pemain Real Madrid dan Juventus

PSBS sudah memutuskan sosok pelatih yang akan dipakai musim depan. Rupanya merupakan mantan pemain Real Madrid dan Juventus.

Liputan6.com, Jakarta- PSBS Biak terus berbenah diri setelah dipastikan promosi ke BRI Liga 1 musim 2024/2025. Mereka sudah menentukan pelatih yang akan untuk musim depan. Manajemen skuad berjuluk Badai Pasifik menunjuk mantan pemain Real Madrid Juan Esnaider sebagai pelatih musim depan.

Esnaider dikontrak selama dua tahun. Manajer PSBS Yan Permenas Mandenas (YPM) mengatakan pemilihan pelatih asal Argentina itu berdasarkan berbagai pertimbangan. Selain memiliki pengalaman sebagai pemain di Eropa, arsitek kelahiran 5 Maret 1973 tersebut juga punya prestasi yang tidak perlu diragukan dalam mengurusi tim sepak bola sebagai pelatih kepala.

"Pengalaman dan prestasinya kami nilai baik sehingga kami sepakat merekrut dia sebagai pelatih PSBS musim depan," ujar YPM dalam keterangan tertulisnya pada Senin (13/5/2024).

Menurut rencana mantan pemain Argentina itu akan berada di Indoensia pada akhir bulan Mei 2024 mendatang. Saat tiba di Jakarta, Esnaider akan diperkenalkan secara resmi pada publik sebagai pelatih resmi PSBS Biar untuk BRI Liga 1 musim kompetisi 2024/2025.

"Kami jadwalkan Juan Esnaider akan tiba akhir Mei mendatang. Mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga sehingga program persiapan tim segera kami lakukan," tandas YPM menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lama di Jepang

Sebelumnya pelatih yang berlisensi Pro UEFA itu pernah menjadi pelatih kepala skuad Liga Spanyol Getafe pada musim 2016. Esnaider sudah mengenal betul sepak bola Asia. Usai dari Getafe, dia lebih banyak menghabiskan waktunya di Jepang. Pada tahun 2017 menjadi pelatih kepala klub liga 2 Jepang JEF United Chibam kemudian pada musim 2023 dia menjadi pelatih kepala klub liga 2 Jepang Renofa Yamaguchi FC.

Sebagai pemain, Esnaider pernah memperkuat sejumlah klub besar di Eropa. Di Spanyol dia pernah bermain di klub besar Liga Spanyol Real Madrid, Atletico Madrid, Real Zaragoza dan Espanyol. Esnaider juga pernah merumput di Italia. Disana dia bermain untuk Juventus pada 1999 sampai 2001.

3 dari 3 halaman

PSBS Promosi Sebagai Juara Liga 2

PSBS Biak lolos ke Liga 1 dengan status sebagai juara Liga 2. Mereka mengalahkan Semen Padang 3-0 di Stadion Haji Agus Salim, Sabtu (9/3/2024). Ruben Sanadi dan kawan-kawan menjadi juara usai unggul agregat 6-0 setelah berjaya dengan skor serupa pada leg pertama di kandang sendiri, Selasa (5/3/2024).

Semen Padang juga turut promosi ke Liga 1 musim depan. Satu jatah promosi lain direbut Malut United. Mereka bertiga menggantikan posisi Rans Nusantara FC, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.