Sukses

HEADLINE: Timnnas Indonesia Tembus 8 Besar Piala Asia U-23 2024, Kontrak Shin Tae-yong Diperpanjang?

Timnas Indonesia mampu membuat kejutan di Piala Asia U-23 2024 dengan melaju ke delapan besar. Sukses ini terjadi di tengah masa depan pelatih Shin Tae-yong yang masih tanda tanya.

Liputan6.com, Jakarta - Prestasi membanggakan dibuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar sejak 14 April 2024. Berstatus sebagai tim debutan, pasukan Shin Tae-yong berhasil melaju ke babak perempat final dengan permainan apik.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final dengan status sebagai runner-up Grup A. Total dari tiga pertandingan yang dilakoni, Indonesia meraup enam poin. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan cuma kalah dari tuan rumah Qatar.

Pada laga pertama Indonesia keok 0-2 dari Qatar. Namun kekalahan tersebut juga kontroversial. Indonesia harus bermain dengan sembilan pemain setelah Ivan Jenner dan Ramadhan Sananta diusir wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov.

Setelah kekalahan pahit di laga pembuka, Timnas Indonesia bangkit. Di pertandingan kedua Grup A, Indonesia mampu meraih kemenangan tipis 1-0 atas Australia. Gol tunggal dibuat pemain belakang Komang Teguh Trisnanda.

Kemenangan atas Australia membuat Indonesia berada di atas angin untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Indonesia cukup bermain imbang dengan Yordania di laga pamungkas Grup A.

Meski satu poin saja sudah aman, Timnas Indonesia U-23 malah tampil semakin menawan di laga kontra Yordania. Indonesia mampu menang telak 4-1 sehingga tak terbendung melaju ke perempat final.

Timnas Indonesia membuka keunggulan di menit 22 melalui eksekusi penalti Marselino Ferdinan. Hadiah penalti diberikan wasit setelah Amar melanggar Struick yang melakukan penetrasi di kotak penalti.

Witan menggandakan keunggulan Indonesia atas Yordania pada menit 40. Witan melepaskan sepakan kaki kiri melengkung ke tiang jauh meneruskan umpan terobosan Rizky Ridho yang naik membantu serangan.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit 70. Marselino mencetak brace setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Witan. Marselino mengakhiri dengan sontekan pelan.

Yordania memperkecil ketertinggalan di menit 78. Sepakan Waseem Al Riyalat membentur Hubner sehingga bola berbelok dan mengecoh Ernando. Indonesia 3, Qatar 1.

Timnas Indonesia kembali menjauh dari Yordania di menit 85. Pemain pengganti Komang Teguh kembali bikin gol lewat sundulan meneruskan umpan lemparan jarak jauh Pratama Arhan.

Lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Maklum saja Piala Asia U-23 2024 merupakan kali pertama Indonesia bisa ikut serta sejak turnamen ini digelar Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) pada tahun 2013.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat Kontrak Baru STY

Sukses membawa Indonesia melaju ke perempat final membuat Shin Tae-yong diharapkan akan mendapat kontrak baru dari Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Kontrak pria asal Korea Selatan itu bersama PSSI akan habis pada Juni 2024 ini.

Pada awal tahun 2024 ini, ketua umum PSSI Erick Thohir sempat mengungkapkan bila STY baru akan mendapat kontrak baru bisa meraih hasil memuaskan di ajang Piala Asia 2023 (berlangsung di awal tahun 2024) dan Piala Asia U-23 2024.

"Perpanjang (kontrak STY saat ini) sampai Juni, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023) dan tentu Asia Cup U-23 (Piala Asia U-23 2024)," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Januari 2024.

"Kalau prestasinya bagus, ya kami duduk untuk (menegosiasikan kontrak) sampai 2027. Sudah, tadi sudah ngomong (kontrak STY saat ini), sampai Juni. Kalau performanya bagus, sampai 2027," ungkap Erick.

Keinginan Erick Thohir tersebut mampu dipenuhi STY. Pada Piala Asia senior, Timnas Indonesia juga mampu melaju sampai babak 16 besar. Perjuangan Indonesia di Qatar harus terhenti setelah kalah empat gol tanpa balas dari Australia.

STY kemudian juga membuat sejarah besar di Piala Asia U-23 2024. Datang sebagai salah satu debutan, Indonesia sukses melaju ke perempat final berkat dua kemenangan di fase grup.

Keberhasilan di Piala Asia U-23 2024 sungguh luar biasa. Karena sebagai debutan, tak ada yang memprediksi Indonesia bisa melaju ke perempat final. Malah tidak sedikit yang memperkirakan Indonesia akan jadi juru kunci Grup A. Namun STY sukses meruntuhkan semuanya.

3 dari 5 halaman

Jokowi, Timnas Indonesia dan STY

Kesuksesan Timnas Indonesia asuhan STY melaju ke perempat final Piala Asia U-23 2024 ini juga mengundang pujian dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Jokowi sampai rela meluangkan waktu menonton pertandingan melalui layar televisi.

"Kemarin kan sore sudah saya sampaikan, kita berdoa bersama-sama agar terjadi gol yang sebanyak-banyaknya dan juga jangan sampai ada kartu merah. Ya semuanya dikabulkan oleh Allah SWT, masih ngantuk saya ini," ucap Jokowi di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Senin (22/4/2024).

Jokowi menilai, Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong bermain sangat rapi dan bagus. Dia juga mengapresiasi strategi yang diterapkan sehingga Timnas Indonesia bisa mencetak 4 gol.

"Jadi apa dapat 4 gol lah kita bagus dan mainnya sangat cantik, sangat bagus, sangat rapi, sangat membangun strategi untuk menuju ke gawang untuk gol saya kira juga kelihatan," tutur Jokowi.

Jokowi memang sangat rutin mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sering menyempatkan diri hadir langsung di stadion menonton laga kandang Timnas Indonesia bila berlangsung di tanah air.

Adapun soal kinerja STY, Jokowi pernah menberikan dua jempol kepada pelatih asal Korea Selatan itu usai laga Timnas Indonesia melawan juara dunia Argentina pada tahun 2023 lalu

Jokowi puas dengan racikan STY saat Indonesia cuma kalah 0-2 dari Argentina. Pada laga tersebut, Timnas Indonesia mampu merepotkan Argentina sehingga cuma bisa bikin dua gol. Kedua gol Argentina juga tercipta dari sepakan jarak jauh oleh Leandro Paredes dan sundulan Cristian Romero dari sepak pojok.

4 dari 5 halaman

Sinyal Kontrak Baru untuk STY

Melihat kesuksesan Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024, Erick Thohir menilai merupakan bukti bahwa skuad Garuda Muda telah bekerja keras untuk mencapai hasil optimal.

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga," ungkap Erick, Senin (22/4/2024).

Erick mengungkapkan rasa bahagia dan bangga atas permainan dan semangat juang para pemain yang punya nyali lebih untuk menang.

"Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir juga menggirim sinyal soal perpanjangan kontrak STY usai laga kontra Yordania. Kebetulan Erick berada di Qatar untuk mendukung langsung perjuangan Ivan Jenner dan kawan-kawan.

"So coach (Shin Tae-yong) stay with us?," kata Erick di ruang ganti tim ketika ia melempar pertanyaan pada pemain Garuda Muda setelah lolos ke perempat final Piala Asia U-23, dilansir dari Instagram resminya, Senin (22/24/2024).

Rizky Ridho dan kawan-kawan pun kompak menjawab “Yeah (setuju kontrak STY diperpanjang)” dan Erick merespon jawaban itu dengan memeluk STY.

STY tersenyum dan suasana di ruang ganti tim seketika tumpah ruah dengan teriakan "Shin Tae-yong, Shin Tae-yong".

5 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Harus Lawan Negera Sendiri demi Indonesia

Yang menarik Shin Tae-yong harus berhadapan dengan negaranya Korea Selatan di babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia berjumpa dengan Korea yang menjadi juara Grup A.

Korsel keluar sebagai juara Grup B setelah menang dalam duel menentukan melawan Jepang dengan skor 1-0, Senin (22/4/2024). Pertandingan Korsel melawan Jepang berlangsung ketat dan sengit. Gol baru tercipta pada saat laga berjalan 75 menit melalui Kim Min-Woo yang meneruskan umpan dari Lee Tae-Seok.

Kemenangan ini membuat Korea sempurna di Grup B Piala Asia U-23 2024. Mereka sebelumnya juga menang atas China dan Uni Emirat Arab. Korea pun lolos sebagai juara Grup B. Sedangkan Jepang menjadi runner-up.

STY sendiri sudah sejak lama memilih menghindari melawan negaranya sendiri. STY mengaku lebih senang bertemu Jepang ketimbang Korea di pertandingan bersama Timnas Indonesia.

"Saya lebih memilih melawan Jepang. Karena menurut saya, akan lebih baik bagi tim kami menghadapi Jepang (dibanding Korea Selatan)," ucap juru taktik asal negeri ginseng belum lama ini.

Korea ini akan menjadi batu sandungan bagi STY untuk mewujudkan keinginannya membawa Timnas Indonesia lolos sampai semifinal.

"Sepak bola Indonesia telah melewati banyak hal, saat ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus menanjak naik. Karenanya saya menerima tantangan tersebut (mengantar skuad U-23 ke semifinal) sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia," ucap Shin Tae-yong selepas kemenangan atas Yordania.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini