Sukses

Lumat Yordania 4-1, Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia mencukur Yordania 4-1 di laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 sehingga berhak lolos ke perempat final.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-23 memastikan satu tiket ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Pasukan Shin Tae-yong melaju usai mencukur Yordania 4-1 pada laga pamungkas Grup yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Minggu (21/4/2024) malam WIB.

Kemenangan ini membuat Indonesia menjadi runner-up Grup A dengan poin enam. Qatar yang menjadi juara Grup A dengan total tujuh poin. Qatar bermain imbang tanpa gol dengan Australia di laga terakhirnya. Qatar pun menjadi juru kunci karena cuma mendapat satu poin.

Pertandingan antara Yordania melawan Indonesia sudah dimulai di Qatar. Timnas Indonesia memakai seragam tanding berwarna merah-merah.

Pertemuan timnas Indonesia dengan Yordania berlangsung seru sejak awal. Meski cuma butuh hasil imbang, Timnas Indonesia tetap bermain terbuka meladeni Yordania yang butuh kemenangan.

Timnas Indonesia hampir unggul cepat di menit ketiga. Witan Sulaeman dengan baik mengecoh pemain belakang Yordania yang diteruskan umpan tarik kepada Rafael Struick. Sayangnya tembakan Struick masih bisa ditepis kiper Yordania.

Yordania mendapat peluang emas di menit delapan lewat aksi Aref Mohammad. Beruntung Ernando Ari cepat keluar sehingga tembakan Aref bisa diblok.

Lewat skema lemparan ke dalam, Indonesia kembali dapat peluang emas di menit 14. Sayangnya sepakan kaki kiri Struick dari luar kotak penalti masih tepat kepelukan kiper.

Timnas Indonesia membuka keunggulan di menit 22 melalui eksekusi penalti Marselino Ferdinan. Hadiah penalti diberikan wasit setelah Amar melanggar Struick yang melakukan penetrasi di kotak penalti.

Di menit 32, Indonesia mendapat peluang emas lagi melalui tendangan bebas Witan. Sial bagi Indonesia, sepakan Witan masih tipis di atas mistar gawang.

Witan menggandakan keunggulan Indonesia atas Yordania pada menit 40. Witan melepaskan sepakan kaki kiri melengkung ke tiang jauh meneruskan umpan terobosan Rizky Ridho yang naik membantu serangan.

Peluang emas kembali didapat Indonesia di menit 44. Bola liar sepak pojok disambar Muhammad Ferarri dengan sepakan keras. Tapi bola masih mengarah ke kiper Ahmad Al Juaidi. Skor 2-0 bertahan sampai jeda babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Yordania vs Indonesia

Di babak kedua, Yordania coba meningkatkan tempo permainan. Timnas Indonesia masih mampu mempertahankan keunggulan 2-0 sampai menit 58. Yordania punya peluang di menit 58 lewat Aref. Namun sepakannya bisa diblok Justin Hubner.

Pada menit 65, Yordania hampir memperkecil ketertinggalan saat pemain pengganti Sabra lepas di depan gawang Ernando Ari. Beruntung penyelesaian akhirnya buruk. Bola melebar.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit 70. Marselino mencetak brace setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Witan. Marselino mengakhiri dengan sontekan pelan.

Yordania memperkecil ketertinggalan di menit 78. Sepakan Waseem Al Riyalat membentur Hubner sehingga bola berbelok dan mengecoh Ernando. Indonesia 3, Qatar 1.

Timnas Indonesia kembali menjauh dari Yordania di menit 85. Pemain pengganti Komang Teguh kembali bikin gol lewat sundulan meneruskan umpan lemparan jarak jauh Pratama Arhan.

Sayangnya di menit akhir, Indonesia kehilangan Ernando Ari yang terpaksa diganti karena cedera. Untungnya kiper pengganti Adi Satryo juga mampu tampil bagus. Adi menggagalkan dua peluang Yordania di menit akhir. Skor 4-1 bertahan sampai bubaran.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Yordania vs Indonesia

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari (Adi Satryo 89'); Rizky Ridho, Justin Hubner, Muhammad Ferarri (Komang Teguh 71'); Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Fajar Fathur Rahman (Rio Fahmi 71'), Ivan Jenner (Hannan 89'); Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick (Hoky Caraka 71')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.