Sukses

Hajar Vietnam 2 Kali, Timnas Indonesia Pecahkan Rekor 13 Tahun di Peringkat FIFA

Indonesia mencatat peningkatan signifikan pada peringkat FIFA usai meraih kemenangan ganda atas Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, akhir bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mencatat peningkatan signifikan pada peringkat FIFA usai meraih kemenangan ganda atas Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, akhir bulan lalu.

Dalam rilis terbaru, Indonesia naik delapan tingkat untuk menduduki urutan 134 dunia. Pasukan Shin Tae-yong melesat setelah mendapat tambahan 30,04 poin hingga kini memiliki 1.102,7 angka.

Posisi ini menjadi peringkat terbaik Timnas Indonesia dalam 13 tahun. Terakhir kali Skuad Garuda berada di 140 besar dunia terjadi pada 19 Oktober 2011.

Selain itu, Indonesia kini juga tercatat sebagai negara Asia Tenggara terbaik ketiga menggeser Malaysia yang duduk di urutan 138. Tim Merah Putih terpaut 62 poin dari Vietnam yang menempati peringkat 115. Di zona ASEAN, Thailand masih memimpin dengan posisi 110 dunia berkat torehan 1208,93 poin.

Di daftar terbaik ranking FIFA, Argentina masih kokoh di posisi teratas, diikuti Prancis, Belgia, Inggris, dan Brasil. Portugal, Belanda, Spanyol, Italia, dan Kroasia melengkapi 10 besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses Melesatnya Posisi Timnas Indonesia

Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 dan 3-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hasil gemilang tersebut mengantar posisi Indonesia ke posisi kedua Grup F putaran kedua kualifikasi.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan memiliki enam angka, tertinggal tujuh nilai dari Irak yang sudah memastikan tempat di fase berikutnya. Indonesia bisa menyusul asalkan meraih satu kemenangan di dua partai sisa.

3 dari 3 halaman

Apresiasi Ketua Umum PSSI

Capaian ini membuat Ketua Umum PSSI Erick Thohir gembira. Namun, sosok yang juga menjabat Menteri BUMN itu meminta seluruh pihak tidak berpuas diri.

"Hasil ini patut kita syukuri, alhamdulillah atas pencapaian ini. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung sehingga timnas Indonesia bisa seperti sekarang. Semoga ke depannya akan terus lebih baik," ujar Erick Thohir.

‘’Apresiasi tim yang terlibat dan juga untuk bekerja lebih keras supaya bisa terus naik peringkatnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.