Sukses

STY Ungkap Perbedaan Situasi saat Pertama Latih Timnas Indonesia Dibanding Sekarang, Apa Itu?

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap ada perbedaan yang dia rasakan dari skuad Garuda saat pertama kali bertugas di Tanah Air dibanding dengan situasi pasca kemenangan atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong baru saja mengantar anak-anak asuhnya memetik kemenangan gemilang saat bertandang ke markas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Skuad Garuda di bawah racikannya berjaya tiga gol tanpa balas berkata aksi Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen pada babak pertama, serta gol menit-menit akhir Ramadhan Sananta saat injury time paruh kedua.

Hasil tersebut mengantar Timnas Indonesia kini makin mantap menduduki peringkat 2 klasemen sementara grup F FIFA World Cup 2026 Qualifiers dengan perolehan 7 poin dari 4 pertandingan.

Pasukan Merah Putih juga sukses mematahkan kutukan 20 tahun tanpa kemenangan di kandang Vietnam, sejak terakhir kali menggilas The Golden Star dengan 3-0 dalam ajang Piala AFF, Desember 2004 silam.

Adapun sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026, skuad Garuda sejatinya juga sempat bertamu ke My Dinh National Stadium dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Januari 2023. Hanya saja, tim racikan Shin Tae-yong kala itu haru rela menelan kekalahan 0-2 dari The Golden Star yang bermain dengan komando pelatih Park Hang-seo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Perbedaan dalam Skuad Timnas Indonesia

Juru taktik Timnas Indonesia pun mengakui ada perbedaan situasi yang dia rasakan saat pertama kali menukangi skuad Garuda dibanding saat ini.

Bukan semata-mata karena kehadiran pemain naturalisasi, Shin Tae-yong menilai garangnya performa Timnas Indonesia sekarang disebabkan oleh adanya koneksi serta pemahaman lebih baik dari para pemain soal gaya kepelatihan serta filosofi yang dia usung,

"Sejak saya bekerja di tim nasional Indonesia, terutama di dua tahun pertama, itu di tengah COVID-19, rasanya sulit buat saya untuk membangun tim yang bagus, solid, dan konkret," aku Shin Tae-yong selepas kemenangan atas Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

"Setelah lewat dua tahun berlalu, saya pikir sudah benar-benar waktunya bagi saya untuk mulai membentuk tim. Sekarang para pemain sudah paham dengan gaya kepelatihan serta filosofi tim yang saya terapkan. Makanya sekarang performa tim kami menjadi lebih stabil (dibanding sebelumnya)," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Ketiga Berturut-turut Indonesia atas Vietnam

Keberhasilan Timnas Indonesia menaklukkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024), menandai kali ketiga berturut-turut skuad Garuda menaklukkan lawan yang sama di sejumlah laga terakhir.

Pasukan Garuda sebelumnya sudah sempat menang 1-0 dari Vietnam di fase grup Piala Asia 2023 dan memetik hasil identik kala menjamu anak-anak asuh Philippe Troussier di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) lalu.

Kemenangan kontra Vietnam di My Dinh National Stadium pun tak ayal membuat Indonesia sudah melangkahkan satu kaki ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dengan Indonesia dan Vietnam yang masih sama-sama harus bertemu Irak serta Filipina di sisa kompetisi, skuad Garuda dipastikan tetap lolos walau kalah di dua partai terakhir, asalkan Vietnam menderita satu hasil negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.