Sukses

Shin Tae-yong Ungkap Kunci Keberhasilan Timnas Indonesia Akhiri Kutukan 20 Tahun di Kandang Vietnam

Timnas Indonesia sukses mengukir kemenangan bersejarah saat bertandang ke markas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium pada Selasa (26/3/2024) malam WIB. Tak hanya meraup hasil dominan, pasukan Garuda juga mampu menyudahi kutukan 20 tahun tidak pernah menang di kandang Vietnam sejak Piala AFF, Desember 2004.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses mengukir kemenangan bersejarah saat bertandang ke markas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium pada Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Tak hanya mengunci keunggulan telak 3-0 yang mengantar skuad Garuda makin kokoh menghuni peringkat 2 klasemen grup F, anak-anak asuh Shin Tae-yong juga berhasil mengakhiri kutukan 20 tahun tidak pernah menang di Hanoi.

Adapun Timnas Indonesia terakhir kali berjaya di kandang Vietnam kala melakoni ajang Piala AFF, Desember 2004 silam. Pasukan Garuda ketika itu mampu membawa pulang kemenangan dengan skor identik 3-0.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun langsung berambisi mematahkan rekor buruk Indonesia usai mengantar timnya menang tipis 1-0 dalam laga kandang melawan The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) lalu.

Cita-cita tersebut terwujud dengan manis lewat bantuan Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta yang jadi trio pencetak gol Merah Putih di pertandingan kedua kontra Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahasia Kesuksesan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong mengungkap keberhasilan Timnas Indonesia memenangkan duel tandang melawan musuh bebuyutan Asia Tenggara tak lepas dari hasil positif yang mereka petik di pertandingan pertama.

Pelatih asal Korea Selatan menilai kemenangan 1-0 kala itu membuat skuad Garuda tampil sedikit lebih rileks, meski mereka sejatinya tengah dilanda badai sakit yang membuat beberapa pemain harus absen.

"Selama 20 tahun, memang (Timnas Indonesia) tidak pernah menang melawan Vietnam di Hanoi. Seperti yang saya katakan dalam konferensi pers (jelang pertandingan) kemarin, rekor itu ingin dipecahkan. Dan begitulah kutukan itu akhirnya bisa disudahi," ucap STY selepas laga di Hanoi.

"Saya (dan Timnas Indonesia) memang lebih rileks untuk pertandingan hari ini. Sementara Vietnam, karena kalah di laga home Indonesia (SUGBK), mungkin ini menjadi pertandingan yang sulit buat mereka."

"Kami pun harus bekerja keras semaksimal mungkin, sampai akhirnya bisa mendapatkan keberuntungan buat Timnas Indonesia," sambung juru taktik yang pernah menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

3 dari 3 halaman

Satu Kaki di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Berkat kemenangan melawan Vietnam di My Dinh National Stadium pada Selasa (26/3/2024), Timnas Indonesia kini sudah melangkahkan satu kaki ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad racikan Shin Tae-yong tercatat sudah mengoleksi tujuh angka dari empat pertandingan, yang membuat mereka unggul empat poin dibanding pesaing terdekatnya Vietnam di klasemen sementara grup F.

Dengan Indonesia dan Vietnam yang masih sama-sama harus bertemu Irak serta Filipina di sisa kompetisi, skuad Garuda dalam posisi amat baik.

Timnas Indonesia tetap bisa lolos walau kalah di dua partai terakhir, dengan syarat Vietnam menderita satu hasil negatif. Sementara itu, Irak sudaha memastikan diri lolos usai mengalahkan Filipina dengan 5-0, Selasa (26/3/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.