Sukses

Tantang Vietnam, Shin Tae-yong Sebut Persiapan Timnas Indonesia Kurang Ideal

Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024). Tim Garuda datang ke Hanoi dalam situasi kurang ideal.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024). Tim Garuda datang ke Hanoi dalam situasi kurang ideal.

Sejumlah pemain ditinggal karena sakit. Pelatih Shin Tae-yong pun terpaksa memanggil beberapa nama pengganti.

"Beberapa pemain jatuh sakit. Saya tidak tahu virus itu datang dari Asia Tenggara, Indonesia atau Jakarta, tapi ada sedikit situasi panik di Jakarta sekarang, virus telah menyebar di Jakarta, sejauh yang saya tahu," ungkap Shin Tae-yong pada jumpa pers sebelum pertandingan, Selasa (25/3/2024).

"Beberapa pemain kemungkinan terkena virus itu. Pemain-pemain yang masih tinggal di Jakarta saat ini, mereka masih belum baik, jadi ada penambahan (pemain). Sebenarnya ini adalah situasi yang mengganggu bagi tim kami," sambungnya.

Marc Klok, Sandy Walsh, dan Nadeo Argawinata tidak ikut rombongan Timnas Indonesia ke Vietnam. Shin Tae-yong kemudian merekrut Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Ferrari, dan Rachmat Irianoto.

Indonesia menang 1-0 pada pertemuan kedua negara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024). Hasil itu mengangkat Tim Garuda ke peringkat dua Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertandingan Penting Timnas Indonesia

Dengan raihan empat poin, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan unggul satu angka atas Vietnan. Sementara Irak berkuasa di puncak lewat koleksi sembilan nilai. Hanya dua tim teratas yang melaju ke putaran kualifikasi selanjutnya.

"Kami telah mempersiapkan diri untuk menunjukkan penampilan bagus besok, ini mungkin sebuah tugas yang sulit. Tapi saya pikir mungkin ini saatnya bagi kami untuk menang di kandang Vietnam," jelas Shin Tae-yong.

"Pertandingan besok adalah salah satu laga penting bagi kami tahun ini. Kami datang ke sini untuk menang, kami akan berikan yang terbaik," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Buru Kemenangan di Markas Vietnam

Shin Tae-yong berjanji bakal membawa anak-anak asuhnya mengakhiri kutukan tanpa kemenangan kala bertandang ke markas Vietnam. Sekadar informasi, Timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun gagal menang di rumah lawan.

Pasukan Garuda terakhir kali mampu mengalahkan rival Asia Tenggara di kandangnya sendiri ketika berjumpa di ajang Piala AFF, Desember 2004 silam.

"Timnas Indonesia memang tidak pernah menang di Hanoi. Kalau begitu kali ini, saya akan membuktikan Timnas Indonesia menang di pertandingan leg kedua (melawan Vietnam)," ucap Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini