Sukses

PSSI Luruskan Isu Penyebab Timnas Indonesia Terserang Demam Jelang Laga Tandang Lawan Vietnam

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga meluruskan isu soal penyebab serangan demam yang melanda Timnas Indonesia. Bukan karena interaksi dengan fans, Arya menegaskan badai sakit skuad Garuda diakibatkan adanya perubahan cuaca.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia dihadapkan pada situasi kurang bagus jelang melakoni laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) mendatang. 

Sebanyak 5 pemain sebelumnya dilaporkan terserang demam, sementara dua penggawa yakni Marc Klok dan Nadeo Argawinata tak ikut melakukan perjalanan bersama rekan-rekannya ke markas The Golden Star. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga pun angkat bicara mengomentari situasi ini. Dia menegaskan faktor cuaca menjadi penyebab badai penyakit yang melanda Timnas Indonesia. 

Sekadar informasi, skuad Garuda sejatinya sudah mengantongi catatan bagus dalam duel perdana melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2023) lalu. 

Tim racikan Shin Tae-yong menang 1-0 atas anak-anak asuh Philippe Troussier, berkat gol tunggal yang diceploskan Egy Maulana Vikri ke gawang Filip Nguyen pada menit 52. 

Juru taktik asal Korea Selatan pun berambisi meneruskan tren kemenangan atas Vietnam di laga selanjutnya. STY hendak mengakhiri kutukan Timnas Indonesia yang selalu gagal memetik hasil dominan di kandang The Golden Star sejak 20 tahun silam.

Sayangnya, misi tersebut kemungkinan tak bakal menjadi sesuatu  yang mudah untuk direalisasikan. Selain karena faktor balas dendam Vietnam, Timnas Indonesia juga tengah menghadapi ancaman, menyusul adanya pilar penting yang terkena sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Pemain Demam, Marc Klok Absen dari Skuad

Skuad Garuda sendiri dilaporkan sudah bertolak menuju Hanoi menggunakan pesawar carter sejak Sabtu (23/3/2024) pagi WIB. Namun, Marc Klok tak ikut dalam rombongan sebab pemain Persib Bandung hendak menjalani perawatan cedera di Singapura. 

Kiper Nadeo Argawinata juga tak bisa dibawa bepergian menyusul kondisinya yang kurang fit. Penggawa Borneo FC dikabarkan drop, sehingga pelatih Shin Tae-yong harus memanggil darurat sosok pengganti dalam diri Ernando Ari Sutaryadi. 

Parahnya lagi, sudah ada 5 pemain yang lebih dulu dilaporkan terserang demam. Yakob Sayuri jadi salah satunya, dengan dia bahkan ditarik keluar oleh pelatih Timnas Indonesia di babak kedua laga kandang melawan Vietnam, Kamis (21/3/2024) lalu.

3 dari 4 halaman

Penyebab Serangan Demam Timnas Indonesia

Sebelumnya, muncul kekhawatiran bahwa serangan demam Timnas Indonesia mungkin disebabkan oleh interaksi dengan fans. Skuad Garuda memang mendapat dukungan tinggi dari suporter sejak berkumpul untuk menjalani sesi latihan jelang melawan Vietnam di Jakarta. 

Namun, isi tersebut segera dibantah oleh Exco PSSi Arya Sinulingga. Menurutnya, kondisi kurang sehat para pemain murni diakibatkan oleh faktor cuaca. 

"Memang benar ada beberapa pemain kita yang flu, tetapi ada juga pemain kita yang terkena akumulasi kartu kuning. Jadi, isu mengenai (para pemain) demam itu karena ada fans dan sebagainya, itu tidak (benar) lah," ucap Arya melalui pernyataannya. 

"Kenapa? Karena para pemain itu biasanya setelah masuk ke hotel, ada prosedur dan SOP kita (yang dijalani). Mereka akan langsung mandi, kemudian baru latihan. Jadi tidak karena ada fans, mereka jadi demam. Jangan bikin isu seperti itu, tidak benar seperti itu."

"Kalau kita lihat, ini hanya karena ada perubahan cuaca. Situasinya begitu, sehingga mereka terkena demam. Mudah-mudahan mereka cepat sembuh, sehingga pemain-pemain yang kemarin demam itu bisa main nanti saat tanding lawan Vietnam berikutnya," tandas Arya.

4 dari 4 halaman

Posisi Timnas Indonesia di Klasemen Grup Kualifikasi

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat 2 klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Skuad racikan Shin Tae-yong naik dari dasar klasemen setelah mengumpulkan 4 poin dari 3 pertandingan, yang membuat mereka terpaut 5 angka dari Irak di puncak tabel.

Adapun Vietnam harus rela turun ke urutan 3 klasemen grup F, menyusul kekalahannya dari Indonesia. The Golden Star baru mengoleksi 3 poin dari  3 pertandingan yang dilakoni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.