Sukses

Reaksi Jay Idzes usai Debut Bareng Timnas Indonesia: Terpacu Dukungan Suporter SUGBK

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jay Idzes mencatatkan debut manis saat timnya menang atas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamsi (21/3/2024) malam WIB. Pemain Venezia pun mengaku ia dan rekan-rekannya merasakan emosi tinggi lantaran mendapat dukungan luar biasa dari suporter di lokasi pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta Pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia, Jay Idzes, sukses mencatatkan debut manis saat menjamu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Penggawa Venezia itu tampil ciamik dan mentereng meski dia sejatinya baru pertama kali merumput dengan skuad Garuda. Jay turun sebagai starter di lini belakang tim racikan Shin Tae-yong dan sama sekali tak tergantikan berkat pemainannya yang disiplin hingga akhir laga.

Timnas Indonesia berhasil mencatatkan cleansheet dan menang 1-0 berkat kontribusi sang debutan di laga kontra Vietnam. Hasil ini sekaligus membuat skuad Garuda naik ke peringkat dua klasemen grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan perolehan 4 poin dari 3 pertandingan.

Jay Idzes sendiri mengaku senang lantaran berhasil membantu Timnas Indonesia memetik kemenangan di laga debutnya. Pesepak bola berusia 23 tahun juga merasa emosional lantaran mendapat dukungan besar dari suporter yang hadir di SUGBK.

"(Debut dengan Timnas Indonesia) sangat baik. Saya amat senang karena bisa meraih kemenangan di pertandingan pertama saya. Jadi sekarang waktunya untuk melanjutkan" ucap Jay Idzes selepas laga kontra Vietnam.

"Emosi kami (saat pertandingan di SUGBK) sangat tinggi. Kami amat merasakan dukungan dari para pendukung dan kami betul-betul mengapresiasi hal itu," tambah pemain kelahiran 2000 saat diwawancara awak media di mixed zone, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singgung Penampilan Timnas Indonesia di Babak Pertama

Terlepas dari kesan baik Jay Idzes saat debut dengan Timnas Indonesia, penggawa berusia 23 tahun tak menampik adanya perbedaan penampilan dia dan rekan-rekannya di babak pertama serta kedua.

Sang pemain menilai situasi itu terjadi lantaran skuad Garuda yang diperkuat sejumlah nama anyar masih perlu beradaptasi pada gaya permainan sekaligus menyesuaikan diri dengan situasi lapangan.

"Pada babak pertama, kami harus sedikit beradaptasi dengan gaya permainan. Juga, karena beberapa di antara kami baru pertama kali bermain di stadion ini, kami perlu sedikit adaptasi," papar Jay Idzes kepada awak media.

"Akan tetapi saya pikir, kami harus mencetak gol cepat di babak kedua, dan itu sangat membantu. Setelahnya, kami menjalankan tugas kami dengan baik dengan tidak kebobolan gol (dari Vietnam)," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Tuai Pujian dari Shin Tae-yong

Penampilan Jay Idzes di laga debutnya bersama Timnas Indonesia tak ayal langsung menuai pujian dari Shin Tae-yong. Juru taktik skuad Garuda gamblang menyebut permainan penggawa anyarnya sangat bagus usai mengantar Merah Putih memetik kemenangan atas The Golden Star.

"Jay dan Nathan (Tjoe-A-On) dua-duanya (tampil) baik. Jay terlihat sangat bagus, sementara Nathan cuma main di babak pertama," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas pertandingan di SUGBK, Kamis (21/3/2024).

"Dia (Nathan) memang belum adaptasi dengan cuaca dan waktu di sini, tetapi tetap saja (penampilan) dia tidak buruk. Jadi supaya bisa dimainkan di pertandingan berikutnya, dia (Nathan) cuma diturunkan di babak pertama," tambah pelatih asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.