Sukses

Shin Tae-yong Pasang Badan buat Hokky Caraka Meski Cuma Main 45 Menit saat Lawan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pasang badan untuk penyerang mudanya, Hokky Caraka. Juru taktik asal Korea Selatan menilai sang pemain masih punya ruang untuk berkembang, terlepas dari penampilan dia saat menjamu Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pasang badan untuk penyerang mudanya, Hokky Caraka. Juru taktik asal Korea Selatan menilai sang pemain masih punya ruang untuk berkembang, terlepas dari penampilan dia saat menjamu Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Seperti diketahui, skuad Garuda sejatinya sukses memetik kemenangan atas The Golden Star dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit 52 mengantar Indonesia memetik 3 poin, sehingga naik ke urutan 2 klasemen sementara grup F FIFA World Cup 2026 Qualifiers.

Sayangnya, performa Timnas Indonesia tetap menjadi sorotan di laga tersebut. Hal itu menyusul permainan memble skuad Garuda sepanjang babak pertama, dengan anak-anak asuh Shin Tae-yong nyaris tak mampu menciptakan peluang untuk membobol gawang Vietnam.

Adalah Hokky Caraka yang cukup banyak menerima kritikan selepas laga kontra The Golden Star. Peran penggawa PSS Sleman sebagai starter di lini depan sempat dipertanyakan awak media dalam sesi konferensi pers, mengingat dia belum berhasil memberi kontribusi yang diharapkan.

Dang pemain sendiri memang tak dibiarkan bermain penuh waktu oleh Shin Tae-yong. Pelatih skuad Garuda menarik dia di awal babak kedua untuk digantikan dengan Pratama Arhan, yang berbuntut pada terjadinya perubahan warna permainan Timnas Indonesia.

Kendati begitu, STY ogah mempersoalkan keputusannya menempatkan Hokky sebagai sebelas pertama. Eks juru taktik Timnas Korea Selatan mengaku punya alasan tersendiri di balik pilihannya menurunkan pemain kelahiran 2004 menjadi starter.

"Kalau ditanya kenapa Hokky dijadikan starter, saya sebagai pelatih kepala jujur bingung harus jawab apa. Saya punya alasan, saya punya taktik, dan ada alasan saya menempatkan Hokky sebagai starting XI," ucapnya dalam sesi jumpa pers bersama awak media selepas laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

STY Pasang Badan untuk Hokky Caraka

Tak sampai di situ, Shin Tae-yong juga langsung pasang badan untuk pemain mudanya yang santer menjadi sorotan di laga Timnas Indonesia vs Vietnam.

Pelatih berusia 53 tahun meminta publik dan media tidak terlalu keras pada Hokky Caraka, melainkan memberi sokongan yang diperlukan untuk penggawa PSS Sleman agar bisa makin berkembang.

"Tadi ada pertanyaan tentang Hokky. Dia pemain muda dan masih banyak potensi ke depannya. Jadi mohon beri pertanyaan yang bisa membantu supaya pemain tersebut berkembang lebih, bukan makin berkecil hati," tandas Shin Tae-yong kepada awak media.

3 dari 4 halaman

Alasan Timnas Indonesia Memble di Babak Pertama

Sementara itu, terkait kurang moncernya penampilan Timnas Indonesia di babak pertama, Shin Tae-yong juga telah menjelaskan alasan dari pihaknya. Juru taktik asal Korea Selatan menilai skuad Garuda kurang memiliki waktu latihan, mengingat mereka baru berkumpul pada 18 Maret dan langsung memulai pertandingan 3 hari berselang.

"Kalau mau dijawab kenapa performa (Timnas Indonesia) tidak baik di babak pertama, ya seperti yang saya bilang, tanggal 18 kami baru berkumpul dan hanya latihan pemulihan," ucap Shin Tae-yong.

"Lalu tanggal 19 sampai 20 kami baru latihan taktikal. Jadi kami tidak punya terlalu banyak waktu untuk mempersiapkan diri, makanya di babak pertama (pemainan Timnas Indonesia) terlihat kurang baik," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Tantang Vietnam di Hanoi

Adapun setelah ini, Timnas Indonesia bakal gantian menantang Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024). Shin Tae-yong berambisi menunjukkan penampilan terbaik demi memutusk kutukan tanpa kemenangan yang dimiliki skuad Garuda di kandang The Golden Star.

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Vietnam Vs Timnas Indonesia

Hari, tanggal: Selasa, 26 Maret 2024

Waktu: 19.00 WIB

Lokasi: My Dinh National Stadium, Hanoi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.