Sukses

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Janji Akhiri Kutukan Timnas Indonesia di Kandang Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji bakal membawa anak-anak asuhnya mengakhiri kutukan tanpa kemenangan kala bertandang ke markas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berjanji bakal membawa anak-anak asuhnya mengakhiri kutukan tanpa kemenangan kala bertandang ke markas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) mendatang.

Juru taktik asal Korea Selatan itu berambisi mempersembahkan hasil terbaik usai mengantar Marselino Ferdinan dan kawan-kawan unggul tipis 1-0 dalam laga perdana kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia memang sudah hampir 20 tahun gagal menang atas Vietnam saat bertamu ke markas The Golden Star. Pasukan Garuda terakhir kali mampu mengalahkan rival Asia Tenggara di kandangnya sendiri ketika berjumpa di ajang Piala AFF, Desember 2004 silam.

Momentum kemenangan dua kali beruntun Indonesia atas Vietnam di Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pun hendak dimanfaatkan oleh STY. Mantan juru taktik Timnas Korea Selatan berambisi membuktikan anak-anak asuhnya bisa berjaya saat berkunjung ke My Dinh National Stadium awal pekan depan.

"Timnas Indonesia memang tidak pernah menang di Hanoi. Kalau begitu kali ini, saya akan membuktikan Timnas Indonesia menang di pertandingan leg kedua (melawan Vietnam)," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga di SUGBK, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi Berat Timnas Indonesia

Sayangnya, jika berkaca dari penampilan Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, skuad Garuda boleh dikata mengemban misi berat. Pasalnya saat main di kandang sendiri pun, pasukan Merah Putih nampak kesulitan, utamanya di babak pertama

Anak-anak asuh Shin Tae-yong nyaris sama sekali tak berhasil menciptakan peluang untuk mencetak gol sepanjang 45 menit awal dimulainya laga. Pola permainan Timnas Indonesia seolah tak terlihat, meski Jay Idzes sejatinya bermain cukup impresif dalam pertandingan debutnya.

Beruntung Vietnam yang cukup banyak memberi tekanan di babak pertama juga kesulitan membobol jaring Adi Satryo. Alhasil skor imbang 0-0 bertahan sampai turun minum, sebelum Egy Maulana Vikri akhirnya memecah kebuntuan Timnas Indonesia memasuki babak kedua.

3 dari 4 halaman

Pengakuan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sendiri mengakui anak-anak asuhnya memang tampil tak terlalu baik di paruh pertama laga kandang melawan Vietnam. Juru taktik asal Korea Selatan menilai Timnas Indonesia bermain kurang padu menyusul minimnya waktu latihan.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan penampilan skuad Garuda saat mencetak sejarah tembus ke fase knock-out Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. Meski sempat babak belur di tangan Australia, Timnas Indonesia kala bermain agresif dan kenal lelah, sebab sudah lebih dulu berlatih selama hampir satu bulan.

"Di Piala Asia kemari, kami sudah latihan 20 hari di Turki, jadi (Timnas Indonesia) bisa menghasilkan performa yang baik," ucap Shin Tae-yong kepada awak media selepas laga di SUGBK, Kamis (21/3/2024).

"Namun, kali ini ada banyak pemain Eropa yang jet lag dan perlu penyesuaian dengan (rekan-rekan) lokal. Mereka berkumpul dan setelah hanya 3 hari, kami langsung bertanding. Makanya untuk menerapkan taktik, agak perlu waktu, dan jujur saja masih kurang waktu latihan buat Timnas Indonesia," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia vs Vietnam

Kamis, 21 Maret 2024

20.30 WIB: Indonesia 1-0 Vietnam

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta

 

Jumat, 22 Maret 2024

19.00 WIB: Vietnam vs Indonesia

My Dinh National Stadium, Hanoi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.