Sukses

Shin Tae-yong Janji Timnas Indonesia Cetak Banyak Gol ke Gawang Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan anak-anak asuhnya bakal mencetak banyak gol saat mengahadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan anak-anak asuhnya bakal mencetak banyak gol saat mengahadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti diketahui, pasukan Garuda diagendakan melakoni dua laga penting kontra musuh bebuyutannya The Golden Star pada 21 dan 26 Maret mendatang. Tim racikan Shin Tae-yong lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sebelum gantian bertamu ke My Dinh National Stadium lima hari berselang.

Pertandingan ini menjadi momen penting buat Timnas Indonesia jika ingin menghidupkan asa tembus ke putaran selanjutnya, mengingat skuad Garuda untuk masih terkunci di dasar klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 lantaran kalah dari Irak dan cuma mampu bermain imbang melawan Filipina di dua laga pertama.

Menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia sejatinya punya modal bagus untuk memenangkan laga. Skuad Garuda berjaya pada pertemuan terakhir di di Piala Asia 2023.

Meski cuma menang tipis 1-0, capaian tersebut diyakini bakal memberi suntikan kepercayaan diri buat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menjanjikan anak-anak asuhnya bakal mencetak lebih banyak gol di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam, dibanding saat tampil dalam perhelatan Piala Asia 2023 beberapa bulan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong Jelang Lawan Vietnam

"Di Piala Asia kemarin, memang Timnas Indonesia yang paling lemah dari antara semua partisipan (dari segi ranking FIFA). Apalagi tim-tim di grup kami prestasinya baik," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (20/3/2024).

"Semua tim (di Piala Asia 2023) lebih kuat dan performanya baik. Jadi tentu Timnas Indonesia lebih banyak kebobolan dibanding mencetak gol saat itu."

"Walau demikian, tim kami masih punya banyak harapan dan bisa berkembang. Pertandingan melawan Vietnam pun akan diupayakan supaya tidak kebobolan dan mampu mencetak banyak gol. Memang itu yang dipersiapkan," tambah juru taktik Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kehilangan 3 Pemain Bertahan

Ambisi Timnas Indonesia untuk minim kebobolan di pertandingan melawan Vietnam bakal menemui hambatan besar. Pasalnya, skuad Garuda sudah dipastikan kehilangan tiga pemain bertahannya akibat cedera.

Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri menjadi deretan nama yang harus menepi. Shin Tae-yong pun tak menampik ketiadaan mereka bakal membawa dampak negatif, meski sang pelatih sudah mendatangkan pengganti dalam diri gelandang serang Arema Arkhan Fikri.

"Jordi, Yance, Elkan mereka tidak akan bermain untuk pertandingan berikutnya (di SUGBK). (Saat bertandang ke) Vietnam pun sama," ucap Shin Tae-yong dalam sesi latihan di Stadion Madya, GBK, Senin (18/3/2024). 

"Pastinya akan ada dampak negatif (dari absennya mereka), tetapi saya percaya dengan pemain-pemain yang ada di sini, pasti kami bisa menunjukkan yang terbaik," pungkas pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.