Sukses

4 Pemain Naturalisasi yang Bakal Debut di Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam: Intip Profil dan Kehebatannya di Sini

Sebanyak 4 pemain naturalisasi baru bakal debut saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprahnya di level klub?

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi dua laga penting melawan Vietnam dalam lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akhir bulan ini.

Skuad Garuda dijadwalkan menjamu The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB, sebelum bertandang ke markas Vietnam di My Dinh National Stadium 5 hari berselang.

Pertandingan kali ini menjadi momen penting buat Timnas Indonesia jika ingin memperpanjang asa tembus ke putaran final Piala Dunia 2026. Pasalnya, pasukan Merah Putih masih terkunci di dasar klasemen sementara lantaran gagal memetik kemenangan di dua laga perdana grup F.

Skuad Garuda sebelumnya kalah telah dari Irak dan hanya mampu bermain imbang melawan Filipina pada November lalu. Alhasil Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan baru mengumpulkan 1 poin, berselisih 5 angka dari Irak yang menempati puncak tabel.

Dalam rangka mewujudkan misi bangkit saat melawan Vietnam, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah memanggil 28 nama terbaik untuk memperkuat skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kombinasi pemain lokal Liga 1 serta abroad menghiasi daftar penggawa Timnas Indonesia pilihan Shin Tae-yong. Ada pula empat nama naturalisasi yang baru pertama kali dipanggil ke Skuad Garuda, yakni Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On.

Intip profil singkat dan kiprah masing-masing pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain naturalisasi baru yang masuk dalam deretan penghuni lini serang Timnas Indonesia untuk laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pesepak bola berusia 26 tahun kini bermain di kasta tertinggi liga sepak bola Belanda, Eredivisie, bersama klubnya Fortuna Sittard yang menempati urutan 10 klasemen.

Ragnar Oratmangoen sendiri dikenal sebagai pemain serba bisa. Dia utamanya menempati pos winger kiri, tetapi juga mampu bermain di posisi penyerang dan gelandang serang.

Situs Transfermarkt mencatat Ragnar sudah tampil dalam total 24 pertandingan untuk Fortuna Sittard di semua kompetisi musim ini. Sang pemain sebelumnya juga pernah melanglangbuana di klub Belanda lain, mulai dari NEC Nijmegen, TOP Oss, SC Cambuur, hingga Go Ahead Eagles.

Sayangnya, Ragnar hingga kini belum mendapat status WNI. Ia bersama Thom Haye masih menunggu jadwal pengambilan sumpah, meski deadline pendaftaran skuad untuk laga Indonesia vs Vietnam sejatinya jatuh pada Rabu (13/3/2024).

3 dari 5 halaman

2. Jay Idzes

Berbeda dari Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes sudah lebih dulu mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir tahun lalu. Dia mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada 28 Desember 2023.

Adapun Idzes saat ini bermain untuk klub Serie B Italia, Venezia. Dia umumnya beroperasi sebagai bek tengah, tetapi juga bisa menempati pos gelandang bertahan dan gelandang tengah.

Situs Transfermarkt mencatat Idzes sudah tampil dalam 17 pertandingan untuk Venezia di semua kompetisi 2023/2024. Dari total laga tersebut, sebanyak 14 di antaranya pemain naturalisasi Indonesia turun sebagai starter.

Sebelum bergabung dengan Venezia, Jay Idzes lebih banyak berkarier di tanah kelahirannya, Belanda. Dia pernah memperkuat FC Eindhoven dan Go Ahead Eagles di level senior, sebelum pindah ke Venezia pada musim panas 2023.

4 dari 5 halaman

3. Thom Haye

Thom Haye merupakan pemain yang terbilang lebih senior jika dibandingkan dengan dua penggawa sebelumnya. Pesepak bola yang memperkuat klub Eredivisie SC Heerenveen itu sudah menginjak usia 29 tahun.

Walau begitu dari segi pengalaman, Thom Haye tak bisa dipandang sebelah mata. Dia pernah memperkuat klub Italia Lecce yang kini bermain di kasta tertinggi, Serie A, selama satu musim terhitung sejak periode 2018 hingga 2019.

Adapun setelahnya Haye kembali mengecap persaingan di kancah Belanda. Dia bergabung sebenar dengan ADO Den Haag sebelum dipinjamkan ke NAC Breda dan pindah permanen ke klub yang sama.

Kini bersama SC Heerenveen, gelandang kelahiran 1995 sudah tampil dalam 77 pertandingan di semua kompetisi sejak kedatangannya pada 2022. Ia juga mampu mengoleksi total 6 gol di ajang Eredivisie dan Play-off Conference League.

5 dari 5 halaman

4. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On sudah resmi mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI) per pertengahan Maret ini. Dia mengambil sumpah setia kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Senin (11/3/2024) malam.

Adapun bek kiri kelahiran 2001 itu kini sedang menjalani masa pinjaman di klub Eredivisie SC Heerenveen. Dia pindah sementara dari tim Championship Inggris, Swansea City, di bursa transfer Januari 2024, dan akan bertahan di Belanda sampai musim panas ini.

Situs Transfermarkt mencatat Nathan Tjoe-A-On baru sempat diturunkan dalam 1 pertandingan Liga Belanda musim ini oleh Heerenveen. Sementara itu bersama Swansea City, dia belum pernah mencatatkan satu penampilan pun sejak bergabung pada musim panas 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.