Sukses

Media Vietnam Ketar-ketir Lihat Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Media Vietnam langsung bereaksi usai menyaksikan Timnas Indonesia merilis skuad untuk laga lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam. The Thao247 menyoroti langkah Shin Tae-yong yang banyak memanggil pemain naturalisasi ke tim Garuda.

Liputan6.com, Jakarta - Media Vietnam langsung bereaksi usai mendengar skuad Timnas Indonesia untuk laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan The Golden Star.

The Thao 247 ketar-ketir menyoroti langkah Shin Tae-yong lantaran pelatih asal Korea Selatan itu memanggil cukup banyak pemain naturalisasi yang berpotensi membuat Tim Garuda tampil kuat di pertandingan mendatang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang akan melakoni dua laga penting kontra The Golden Star akhir bulan ini. Anak-anak asuh STY diagendakan menjamu Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024), dilanjutkan dengan pertandingan tandang ke My Dinh International Stadium lima hari berselang.

Pasukan Merah Putih harus memetik kemenangan di dua laga melawan Vietnam jika ingin menghidupkan asa tampil di putaran final. Pasalnya, Timnas Indonesia saat ini masih terkunci di dasar klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 lantaran gagal meraup poin penuh dalam dua laga pertama.

Adapun skuad Garuda sebelumnya kalah telak dari Irak dan cuma mampu bermain imbang dengan Filipina November lalu. Capaian tersebut membuat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sejauh ini baru mengumpulkan 1 poin dan berselisih 5 angka dari Irak yang dominan di puncak tabel.

Guna mewujudkan ambisi tampil gacor di laga selanjutnya, Shin Tae-yong pun memanggil deretan pemain terbaik untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kombinasi penggawa lokal Liga 1, pemain abroad, serta nama-nama naturalisasi menghiasi daftar 28 anggota pasukan Garuda untuk duel kontra Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Media Vietnam Komentari Skuad Timnas Indonesia

Media Vietnam The Thao 247 pun sontak mengomentari pemanggilan pemain Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Mereka menilai Merah Putih punya komposisi skuad amat kuat lantaran diramaikan oleh deretan pemain naturalisasi.

"Pelatih Shin Tae-yong kemungkinan bakal menurunkan skuad Timnas Indonesia yang amat kuat dengan dilengkapi banyak pemain naturalisasi saat menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026," tulis The Thao 247 dalam pemberitaannya, Jumat (8/3/2024).

Media yang sama juga menyoroti aktivitas Shin Tae-yong baru-baru ini jelang pengumuman daftar skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. The Thao 247 rupanya ikut ketar-ketir memantau kegiatan pelatih asal Korea Selatan yang sempat mendapat tugas melakukan kunjungan ke Eropa dari PSSI.

"Untuk mempersiapkan dua laga penting melawan Vietnam, Federasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menugaskan pelatih Shin Tae Yong berangkat ke Belanda dan negara-negara Eropa guna mencari lebih banyak pemain berdarah Indonesia," tulis The Thao 247.

"Faktanya, tim Indonesia saat ini memiliki banyak pemain naturalisasi yang sangat berkualitas. Kebanyakan dari mereka pernah menghadapi Timnas Vietnam di putaran final Piala Asia 2024," tambah mereka.

3 dari 4 halaman

STY Panggil Pemain Naturalisasi Baru

Selaras dengan pemberitaan media Vietnam, Timans Indonesia baru-baru ini memang menambah daftar pemain naturalisasinya untuk diajak memperkuat Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah cukup nyaman dengan kedatangan Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick, hingga Justin Hubner, Shin Tae-yong memanggil untuk pertama kali wajah-wajah anyar yang terdiri atas Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, hingga Ragnar Oratmangoen.

Khusus tiga nama terakhir, proses naturalisasi mereka sejatinya belum seratus persen tuntas. Nathan, Thom, dan Ragnar harus lebih dulu mengambil sumpah WNI agar bisa membela Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam.

4 dari 4 halaman

Daftar Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper

1. Nadeo Argawinata - Borneo FC

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Adi Satryo - PSIS Semarang

 

Belakang

4. Nathan Tjoe-A-On - SC Heerenveen

5. Elkan Baggott - Bristol Rovers

6. Jordi Amat - Johor Darul Ta'zim

7. Sandy Walsh - K.V. Mechelen

8. Rizky Ridho - Persija Jakarta

9. Edo Febriansah - Persib Bandung

10. Asnawi Mangkualam - Port FC

11. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

12. Yakob Sayuri - PSM Makassar

13. Yance Sayuri - PSM Makassar

14. Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers

15. Pratama Arhan - Suwon FC

 

Tengah

16. Thom Haye - SC Heerenveen

17. Jay Idzes - Venezia FC

18. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

19. Ricky Kambuaya - Dewa United

20. Marc Klok - Persib Bandung

21. Ivar Jenner - Jong Utrecht

 

Depan

22. Ragnar Oratmangoen - Fortuna Sittard

23. Rafael Struick - ADO Den Haag

24. Witan Sulaeman - Bhayangkara Presisi FC

25. Egy Maulana - Dewa United

26. Dimas Drajad - Persikabo

27. Ramadhan Sananta - Persis Solo

28. Hokky Caraka - PSS Sleman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.