Sukses

4 Pemain Vietnam yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret mendatang. Ada setidaknya 4 pemain Vietnam yang patut diwaspadai skuad Garuda jelang laga tersebut. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangannya dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan bersua dengan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Adapun pasukan Garuda bakal lebih dulu menyandang status sebagai tuan rumah di laga pertama kontra The Golden Star. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan diagendakan menjamu lawannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024), sebelum gantian bertandang ke My Dinh National Stadium lima hari berselang.

Pelatih Timnas Indonesia telah memanggil 28 nama untuk memperkuat skuad Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia kontra Vietnam. Shin Tae-yong mengikutsertakan sejumlah pemain lokal Liga 1 ditambah deretan penggawa yang berkarier di luar negeri.

Ada pula nama pemain naturalisasi baru, Jay Idzes, yang untuk pertama kalinya diminta mewakili Timnas Indonesia. Kehadiran penggawa-penggawa tersebut diharapkan dapat menjadi titik terang bagi skuad Garuda memetik kemenangan perdananya.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sejauh ini memang belum pernah meraup poin penuh saat tampil dalam fase grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Merah Putih kalah dari Irak dan cuma mampu bermain imbang dengan Filipina, sehingga membuat mereka terdampar di dasar klasemen sementara.

Hasil dominan atas Timnas Vietnam akan membantu memperpanjang asa Indonesia melaju ke putaran selanjutnya. Untuk itu, skuad Garuda wajib melakukan persiapan maksimal serta mewaspadai 4 pemain Vietnam berikut ini yang berpotensi menjadi ancaman saat pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Nguyen Quang Hai

Nguyen Quang Hai merupakan salah satu pemain kunci dalam skuad Timnas Vietnam. Pesepak bola berusia 26 tahun ini merupakan gelandang serang yang memiliki kemampuan teknik luar biasa.

Quang Hai patut diwaspadai berkat kecepatan, ketepatan umpan, dan kemampuan mencetak golnya yang mumpuni. Ia juga dipanggil memperkuat tim asuha Philippe Troussier di Piala Asia 2023, dan sempat menjadi starter kala Vietnam takluk di tangan Indonesia dalam laga penyisihan grup D.

3 dari 5 halaman

2. Doan Van Hau

Doan Van Hau adalah bek kiri yang menjadi andalan Timnas Vietnam. Pesepak bola berusia 24 tahun itu memiliki postur tinggi dan kecepatan yang memungkinkan dia untuk menjadi ancaman di lini belakang Vietnam.

Belum lagi, Doan Van Hau kerap berkontribusi dalam serangan. Pemain yang pernah memperkuat klub Eredivisie SC Heerenveen itu juga piawai memanaskan persaingan lewat aksinya, sehingga pernah merepotkan TImnas Indonesia, termasuk ketika dia membuat kapten Timnas Indonesia Evan Dimas cedera di final SEA Games 2019.

Adapun Van Hau sendiri sebenarnya sudah absen cukup lama dari The Golden Star akibat cedera. Dia tak ikut memperkuat Vietnam di Piala Asia 2023, dengan situs Transfermarkt mencatat Van Hau terakhir kali tampil laga persahabatan kontra Suriah pada Juni 2023 lalu.

Kendati bbegitu, bek kiri andalan The Golden Star diprediksi akan kembali membela negaranya saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Indonesia. Kehadirannya pun menjadi aspek yang patut diwaspadai skuad Garuda jika ingin memetik kemenangan.

4 dari 5 halaman

3. Nguyen Tien Linh

Nguyen Tien Linh menjadi nama ketiga yang menghuni daftar pemain berbahaya Timnas Vietnam jelang menghadapi Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dia berposisi sebagai penyerang tengah dan punya torehan gol mencengangkan bersama The Golden Star.

Situs Transfermarkt mencatat Tien Linh sudah mengoleksi 18 gol dari total 43 penampilannya untuk Timnas Vietnam sejak debut pada November 2018. Pesepak bola berusia 26 tahn juga beberapa kali merepotkan lini pertahanan Timnas Indonesia, termasuk saat berjumpa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 serta ajang Piala AFF 2022.

Tien Linh sendiri sebenarnya tekah absen memperkuat The Golden Star sejak beberapa waktu terakhir. Sang pemain dilanda cedera yang membuat dirinya terakhir kali terlihat di lapangan saat Kualifikasi Piala Dunia melawan Irak pada November silam.

Ada kekhawatiran yang menyebut Tien Linh berpeluang tetap absen saat timnya menghadapi Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, apabila pulih tepat waktu, sang pemain bisa menghadirkan tantangan besar bagi skuad Garuda, utamanya para pemain lini belakang.

5 dari 5 halaman

4. Bui Hoang Viet Anh

Bui Hoang Viet Anh adalah pemain yang berposisi sebagai bek tengah di Timnas Vietnam. Dengan postur 1,86 meter, pesepak bola berusia 25 tahun itu bisa menjadi tembok kokoh buat lini pertahanan The Golden Star.

Situs Transfermarkt mencatat Bui Hoang Viet Anh sudah tampil dalam total 15 pertandingan untuk timnas senior Vietnam. Dia juga berkontribusi penting saat Piala Asia 2023, dengan menyumbangkan 1 gol dan 1 assist bagi skuadnya dalam kompetisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini