Sukses

Garuda Jaya Lengkapi Peserta Putra Poliga 2024, Samator Dipastikan Absen

Juara bertahan putra Jakarta LavAni Allo Bank dan tim pendatang baru Jakarta Garuda Jaya akan mengawali Proliga 2024 yang berlangsung 25 April mendatang di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Juara bertahan putra Jakarta LavAni Allo Bank dan tim pendatang baru Jakarta Garuda Jaya akan mengawali Proliga 2024 yang berlangsung 25 April mendatang di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Seperti diketahui, kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia ini bergulir 25 April hingga 21 Juli di sembilan kota besar Tanah Air. Jakarta Garuda Jaya merupakan tim pendatang baru yang akan meramaikan musim kompetisi yang telah memasuki tahun ke-22 ini.

Dengan kehadiran Garuda Jaya, maka peserta kategori putra menjadi tujuh tim. Selain LavAni dan Garuda Jaya, kontestan lainnya adalah Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Enduro, Palembang Bank SumselBabel, dan Kudus Sukun Badak.

Partisipasi Garuda Jaya juga memastikan absennya tim legenda Surabaya Samator pada Proliga 2024.

Sedangkan kategori putri juga diikuti jumlah kontestan sama, yakni juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Pertamina Fastron, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Elektrik PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Materi Pemain Garuda Jaya di Proliga 2024

Materi pemain Jakarta Garuda Jaya terdiri dari pemain-pemain yang berusia 19 tahun ke bawah. Menurut Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI Loudry Maspaitella, hal ini sekaligus untuk mempersiapkan tim menuju Kejuaraan Asia di bawah usia 20 tahun yang dijadwalkan berlangsung di Surabaya, 23-30 Juli 2024 mendatang.

"Kita sudah tidak punya waktu lagi untuk melakukan Pelatnas menghadapi Kejuaraan Asia itu," kata Loudry yang diberi tugas menyiapkan tim Jakarta Garuda Jaya.

Menurutnya, persiapan tim U-20 itu dilakukan dengan mengikuti kompetisi sekelas Proliga. "Materi pemain kita ambil dari kejuaraan junior tahun lalu di Sentul. Usia mereka kan rata-rata 19 tahun ke bawah," tambah mantan pemain timnas ini.

Lebih lanjut, Loudry mengungkapkan akan menggunakan pemain asing asal Thailand dalam Garuda Jaya. Sedangkan tim ditangani pelatih dari Brasil yang merupakan bantuan dari FIVB.

3 dari 3 halaman

Jadwal Proliga 2024

GOR Amongrogo di Yogyakarta bakal menggelar putaran pertama Proliga 2024 pada 25-28 April. Turnamen kemudian mengunjungi Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, dan Surabaya untuk menutup persaingan reguler. 

Kompetisi selanjutnya berlanjut ke Kediri dan Solo dengan Yogyakarta melangsungkan Grand Final.

Berikut jadwal lengkap Proliga 2024:

 Putaran  Waktu  Lokasi  Tuan Rumah
 1   25-28 April  GOR Amongrogo - Yogyakarta  Jakarta Lavani Allo Bank
 2   2-5 Mei  GOR Jatidiri - Semarang   Jakarta Elektrik PLN
 3  9-12 Mei  Gedung PSCC - Palembang  Palembang Bank Sumselbabel
 4  16-19 Mei  GOR Tri Dharma - Gresik   Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 
 5  6-9 Juni  GOR Indoor Jalakharupat - Kab Bandung  Bandung BJB Tandamata
 6  13-16 Juni  GOR Ken Arok - Malang  Jakarta Pertamina
 7  20-23 Juni  GOR Pangsuma - Pontianak  Jakarta Bhayangkara
 Final Four 1  4-7 Juli  GOR Jayabaya - Kediri  
 Final Four 2  11-14 Jul  GOR Sritex Arena - Solo  
 Grand Final  20-21 Juli  GOR Amongrogo - Yogyakarta  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini