Sukses

ONE 166 Qatar: Anatoly Malykhin Cetak Sejarah usai Raih 3 Gelar Juara Dunia MMA

ONE 166: Qatar menjadi momen penasbihan bagi Anatoly Malykhin. Petarung ONE Championship asal Rusia itu sukses mencetak sejarah sebagai petarung MMA pertama yang meraih tiga sabuk juara dalam tiga kelas berbeda.

Liputan6.com, Jakarta ONE 166: Qatar menjadi momen penasbihan bagi Anatoly Malykhin. Petarung ONE Championship asal Rusia itu sukses mencetak sejarah sebagai petarung MMA pertama yang meraih tiga sabuk juara dalam tiga kelas berbeda.

Dalam perhelatan yang digelar di Lusail Sports Arena, Doha, Qatar pada Jumat (1/3/2024) malam, Malykhin merebut sabuk juara MMA kelas menengah (middleweight) milik Reinier de Ridder untuk melengkapi gelar juara kelas berat (heavyweight) dan kelas berat ringan (light heavyweight) yang sudah dimilikinya.

Anatoly Malykhin menang TKO pada menit 1:16 ronde ketiga setelah De Ridder kesulitan bangkit akibat menerima serangan lutut saat duel bawah.

Dalam dua ronde sebelumnya, Malykhin juga dominan dalam mendikte laga dan lebih sering melayangkan serangan meski sempat terjatuh saat terkena bogem mentah pada awal ronde pertama.

Kemenangan ini sekaligus mempertajam rekor ciamik Malykhin menjadi 14-0. Pencapaian fighter Rusia menjadi lebih istimewa mengingat seluruh kemenangannya selalu diraih lewat finis, baik melalui KO/TKO maupun kuncian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertemuan Kedua Malykhin dan De Ridder

Sekadar informasi, ONE 166: Qatar merupakan kali kedua Malykhin dan De Ridder berjumpa di area duel. Sebelumnya, duo petarung sudah pernah bertemu kala memperebutkan sabuk juara MMA kelas berat ringan pada Desember 2022.

Ketika itu, Malykhin juga keluar sebagai pemenang setelah meraih KO di ronde pertama. Petarung berjuluk "Sladiky" itu pun menegaskan dominasinya atas De Ridder lewat ajang ONE 166: Qatar, yang membuatnya diganjar bonus senilai 50.000 USD atau setara dengan kurang lebih Rp785 juta.

3 dari 5 halaman

Tang Kai Kalahkan Thanh Le

Kejayaan dalam ONE 166: Qatar tak hanya menjadi milik Malykhin. Dalam laga penyatuan sabuk juara MMA kelas bulu, Tang Kai turut memetik kemenangan serta meraih bonus usai mengalahkan Thanh Le lewat TKO di ronde ketiga.

Kedua pemilik sabuk memang memulai laga dengan lambat lantaran saling menunggu kelengahan sambil melayangkan serangan dari jarak aman.

Namun, tempo serangan semakin meningkat saat wasit Olivier Coste memberi peringatan lewat kartu kuning agar kedua kontestan lebih agresif dalam jual beli serangan.

Ledakan serangan terjadi saat Tang Kai sukses mendaratkan pukulan kanan keras yang menjatuhkan rivalnya ke atas kanvas. Mencium bau kemenangan, sang Juara Dunia dari China langsung menyergap dan melancarkan serangan lanjutan yang memaksa wasit segera menghentikan laga di menit 4:48 ronde ketiga.

4 dari 5 halaman

Drama Kualifikasi Warnai Duel di 2 Kelas

Sementara itu, Laga perebutan sabuk MMA kelas jerami (strawweight) diwarnai oleh drama diskualifikasi usai Jarred Brooks mengeksekusi serangan ilegal lewat bantingan supleks yang menyasar area leher Joshua Pacio. Akibat sikapnya itu, gelar Brooks sebagai juara bertahan dicopot dan Pacio dinyatakan sebagai pemenang.

Kontroversi serupa juga turut menimpa Arjan Bhullar yang mendapat tiga kartu kuning sepanjang laga karena dianggap terlalu bermain aman dan lebih banyak melangkah mundur demi menghindari serangan Amir Aliakbari.

Bahkan setelah menerima dua kartu kuning, agresivitas Bhullar tak kunjung meningkat sehingga memaksa wasit Herb Dean untuk mengeluarkan kartu kuning pamungkas yang berarti kartu merah bagi sang petarung kelas berat dari India.

Dalam laga sebelumnya, kemenangan finis berhasil diraih oleh Cleber Sousa serta Keito Yamakita lewat kuncian. Kemudian, Ali Saldoev juga sukses menang KO atas lawannya di ronde kedua.

5 dari 5 halaman

Hasil lengkap ONE 166: Qatar

  • Anatoly Malykhin mengalahkan Reinier de Ridder via TKO di menit 1:16 ronde ketiga (Kejuaraan Dunia MMA ONE Middleweight)
  • Tang Kai mengalahkan Thanh Le via TKO di menit 4:48 ronde ketiga (Penyatuan sabuk MMA ONE Featherweight)
  • Joshua Pacio mengalahkan Jarred Brooks via diskualifikasi (Kejuaraan Dunia MMA ONE Strawweight)
  • Amir Aliakbari mengalahkan Arjan Bhullar via diskualifikasi di menit 4:15 ronde ketiga (MMA - Heavyweight)
  • Mehdi Zatout mengalahkan Zuhayr Al-Qahtani via keputusan mutlak (Tinju - Catchweight 66,6 Kg)
  • Vladimir Kuzmin mengalahkan Zafer Sayik via keputusan mutlak (Muay Thai - Catchweight 67 Kg)
  • Cleber Sousa mengalahkan Osamah Almarwai via kuncian lengan di menit 5:31 ronde pertama (Submission Grappling - Flyweight)
  • Ali Saldoev mengalahkan Zakaria El Jamari via KO di detik 51 ronde kedua (Muay Thai - Catchweight 62,4 kg)
  • Shinji Suzuki mengalahkan Han Zi Hao via keputusan mutlak (Muay Thai - Bantamweight)
  • Keito Yamakita mengalahkan Jeremy Miado via kuncian bulldog choke di menit 4:04 ronde pertama (MMA - Strawweight)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.