Sukses

Tour of Baturraden Edisi Perdana Digelar Mei 2024, Atlet Nasional Bisa Ikut Serta

Atlet nasional akan disediakan kategori khusus pada Tour of Baturraden yang digelar Mei 2024 nanti.

Liputan6.com, Jakarta- Kegiatan balap sepeda di Indonesia semakin semarak dengan hadirnya Tour of Baturraden. Event balap sepeda pertama di kabupaten Banyumas ini rencananya akan digelar pada 25 Mei 2024 nanti. Start berlangsung di kota Purwokerto menuju Baturraden.

Tour of Baturraden diselenggarakan atas kerja sama Bekatesese, sebuah komunitas pegiat olahraga bersepeda di Jakarta, Bekatesese, bersama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Pemerintah Kabupaten Banyumas.

"Kenapa dipilih di Baturraden? Awalnya kami sepedaan ke Baturraden, ternyata treknya bagus juga menantang, termasuk dari sisi pariwisata dan kulinernya. Jadi kegiatan ini dibuat untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda dengan rute yang cukup menantang," ujar Ketua Umum Bekatesese Indro Purwanto.

Tour of Baturraden dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Jagal Demit (race, 127,8 km, 1.840 m elevation gain) dan Gontai (non-race, 105,84 km, 1.107 m elevation gain). Namun event ini juga terbuka untuk atlet sepeda nasional. Panitia akan menghadirkan kategori tambahan elite untuk peserta yang masuk kategori atlet. Rute untuk kelas elite ini akan sama seperti Jagal Demit.

"Sebenarnya ada tiga kategori. Pertama elite itu khusus atlet yang masih aktif. Itu yang menentukan dari tim ISSI. Jagal Demit itu race tapi untuk non atlet," lanjut Indro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Keliling Banyumas

Balap sepeda ini menempuh rute dari Menara Pandang Teratai di Kota Purwokerto, Jawa Tengah untuk kemudian melintas rute berkelok-kelok yang dilatarbelakangi oleh pemandangan alam nan indah.

Melintasi Kabupaten Banyumas dan mengunjungi daerah wisata Baturraden akan menjadi suguhan yang tak terlupakan bagi para peserta. Bakal ada empat pistop untuk para peserta baik race maupun non race.

3 dari 3 halaman

Mempromosikan Keindahan Purwokerto dan Baturraden

Terselenggaranya kegiatan Tour of Baturraden diharapkan dapat turut mempromosikan keindahan serta keragaman potensi pariwisata, budaya, kuliner, dan olahraga khususnya sport tourism.

”Kami merasa bangga bahwa kegiatan Tour of Baturraden ini dapat diwujudkan. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menampilkan keindahan alam sekaligus budaya dan kuliner lokal yang khas melalui acara bersepeda skala nasional," ujar Setia Rahendra, Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas.

Bagi atlet dan penggemar olahraga sepeda, pendaftaran early bird dimulai pada 29 Februari hingga 14 Maret melalui laman web https://tourofbaturraden.com/.

Pengambilan racepack bagi para peserta dilakukan pada 24 Mei di Menara Pandang Teratai, bersamaan dengan pameran UMKM kuliner yang diadakan oleh Pemkab Banyumas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini