Sukses

Persiapan Cuma 2 Bulan, Pelari Nasional Robi Sianturi Siap Taklukkan Tokyo Marathon 2024

Robi Sianturi akan mengikuti Tokyo Marathon untuk pertama kalinya pada bulan depan bersama dua pelari Asisc Running Club.

Liputan6.com, Jakarta- Pelari nasional Robi Sianturi akan mengikuti salah satu event lari paling bergengsi di dunia, Tokyo Marathon 2024. Meski bukan nomor spesialisasinya dan persiapan cukup minim, Robi cukup yakin bisa menaklukkan ajang lari bergengsi dunia tersebut yang akan berlangsung 3 Maret 2024.

Robi Sianturi selama ini dikenal sebagai atlet lari nasional di nomor 5.000 meter dan 10.000 meter. Namun Robi kini memiliki kesempatan ikut berlaga di Tokyo Marathon 2024. Robi diterbangkan ke Jepang oleh sponsor pribadinya, perusahaan apparel Asics.

Di Tokyo Marathon 2024, Robi Sianturi akan berlari bersama dua anggota Asics Running Club (ARC) Indonesia yakni Teguh Martyan dan Mahful. Mereka akan berkompetisi bersama dengan 38.000 pelari lainnya dari berbagai belahan dunia.

Ini menjadi pengalaman pertama Robi mengikuti Tokyo Marathon 2024. Untuk nomor Marathon sendiri, Robby sebenarnya sudah pernah ikut saat Porwil Sumatera XI. Saat itu dia mampu meriah medali emas meski catatan waktunya kurang memuaskan yaknia dua jam 46 menit.

Robi bertekat memperbaiki catatan waktunya di Tokyo Marathon 2024. Kebetulan situasi di Tokyo dinilai ideal untuk pelari Indonesia.

"Cuaca dan rute sangat mendukung disana. Dingin dan tidak ada ketinggian jadi sangat ideal bagi para runners dan saya pribadi untuk mencari waktu sebaik mungkin. Target waktu saya disana di dua jam 30 menit," ujar Robi Sianturi kepada wartawan, Minggu (25/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Robi ke Tokyo Marathon 2024

Robi Sianturi cukup pede bisa menaklukkan Tokyo Marathon 2024 meski persiapan tidak terlalu panjang. Dia hanya berlatih selama dua bulan dari yang seharusnya enam bulanan.

"Persiapan selama 8 Minggu atau 2 bulan, tapi untuk nomor marathon itu cukup singkat. Harusnya 6-9 bulan. Tapi dengan persiapan yang minim, semoga saya bisa mencapai prestasi tertinggi. Saya akan tiba di Tokyo empat hari sebelum perlombaan," kata Robi.

Asisc sendiri sangat bangga bisa kembali menggirimkan pelari dari Indonesia mengikuti Tokyo Marathon 2024. Sudah dua tahun berturut-turut Asics menggirimkan pelari Indonesia ke salah satu dari enam World Marathon Majors tersebut.

3 dari 3 halaman

Asics Rutin Kirim Pelari Indonesia ke Tokyo Marathons

Tahun lalu, pelari Indonesia yang diberangkatkan Asics ke Tokyo Marathon adalah Welman Pasaribu, Devi Ardian dan Rahadi Marsito.

"Kami merasa bangga bisa mengirimkan mereka setelah melalui proses seleksi yang ketat. Kami juga berharap untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia dalam berolahraga, khususnya dalam lari, dengan persiapan yang matang dan benar di masa depan," ucap Sota Fukushima, Presiden Direktur ASICS Indonesia.

Robi Sianturi, Teguh Martyan dan Mahful dilepas secara resmi oleh Asics pada 25 Februari 2024. Pelepasan dilangsungkan di sela-sela pembukaan Konsep Toko 4.0 Terbaru Asics di Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini