Sukses

Hasil Liga Europa: Dikalahkan Rennes, AC Milan Tetap Maju ke 16 Besar, AS Roma Juga Lolos Lewat Adu Penalti

Meski menelan kekalahan di leg kedua play-off fase gugur di kandang Rennes, AC Milan berhak maju ke babak 16 besar Liga Europa karena menang agregat.

Liputan6.com, Jakarta AC Milan berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. Klub raksasa Liga Italia ini menang agregat 5-3 meski menelan kekalahan 2-3 dari tuan rumah Rennes dalam duel leg kedua play-off fase gugur di Roazhon Park, Jumat dinihari WIB (23/2/2024).

AC Milan memang berpeluang besar maju ke babak selanjutnya setelah mencatat kemenangan di leg pertama. Bermain di San siro, Milan menang dengan skor telak 3-0.

Pada lain AS Roma juga maju ke 16 besar Liga Europa setelah menang adu penalti 4-2 atas Feyenoord di Olimpico. Laga harus diselesaikan lewat tambahan waktu dan adu penalti setelah pada leg kedua playoff fase gugur kedua tim bermain imbang 1-1, sehingga agregat tetap sama 2-2.

Sebelumnya, Roma dan Feyenoord juga bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Belanda. Dengan demikian tim pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Tuan rumah mencetak tiga gol atau hattrick yang diborong Benjamin Bourigeaud. Beruntung Milan mampu membalas melalui gol Luka Jovic dan Rafael Leao.

Pada laga Rennes kontra AC Milan, Rossoneri cukup kewalahan meladeni permainan agresif Rennes. Situasi ini membuat mereka harus bekerja keras agar gawang mereka tidak kebobolan lebih banyak.

Rennes sejak awal laga terus-terusan menggempur AC Milan. Hingga akhirnya menit ke-11, umpan Santamaria diselesaikan Bourigeaud dengan tendangan keras dan membawa Rennes ungguk 1-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Penalti Bourigeaud Menangkan Rennes

Namun, AC Milan berhasil menyamakan skor pada menit ke-22. Umpan silang Theo disambut tembakan Jovic dari jarak dekat.

Laga Rennes kontra Milan dilanjutkan kembali dengan tempo tinggi. Dan, pada menit ke-52, tuan rumah mendapatkan hadiah penalti yang diselesaikan dengan baik oleh Bourigeaud.

Beberapa menit kemudian, Milan langsung mencetak gol balasan. Leao meneruskan bola rebound setelah tembakan pertamanya diblok kiper.

Rennes kembali unggul melalui tendangan penalti. Bourigeaud kembali jadi algojo dan memilih sudut gawang yang sama. Skor 3-2 untuk Rennes tidak berubah hingga pertandingan selesai.

3 dari 3 halaman

Susunan pemain

Rennes (4-3-3): Mandanda; Truffert, Theate, Omari, Doue (57' Seidu); D. Doue (71' Blas), Santamaria (57' Matusiwa), Bourigeaud; Terrier (72' I. Salah), Kalimuendo, Gouiri (84' Yildirim)

Pelatih: J. Stephan

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Theo, Gabbia, Kjaer, Florenzi (84' Terracciano); Reijnders, Bennacer (61' Loftus-Cheek); Leao (61' Okafor), Musah (80' Thiaw), Pulisic (61' Chukwueze); Jovic

Pelatih: Stefano Pioli

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.