Sukses

Bayern Munchen Pisah dengan Thomas Tuchel Akhir Musim 2023/2024

Tuchel dipastikan tidak akan melatih Bayern Munchen lagi pada musim depan.

Liputan6.com, Jakarta- Klub raksasa Bundesliga Bayern Munchen akhirnya mengumumkan akan berpisah dengan pelatih Thomas Tuchel pada akhir musim 2023/2024. pria 50 tahun itu gagal memberikan prestasi memuaskan musim ini.

Thomas Tuchel mulai menangani Munchen sejak Maret 2023. Musim lalu Tuchel sukses membawa Munchen secara dramatis kembali juara Bundesliga. Namun pada musim 2023/2024, Die Roten loyo banget.

Munchen baru saja menelan tiga kekalahan beruntun di berbagai ajang dari Bayer Leverkusen, Lazio dan Bochum. Akibatnya peluang mempertahankan trofi Bundesliga semakin berat saja.

Saat ini Munchen berada di posisi dua klasemen Bundesliga. Mereka sudah tertinggal delapan poin dari Bayer Leverkusen. Kondisi ini membuat Munchen terancam gagal mempertahankan rekor menjuarai Bundesliga 11 kali beruntun.

Padahal Munchen sudah menuruti keinginan Tuchel dengan merekrut striker Harry Kane dari Tottenham Hotspur dan bek tengah Napoli Kim Min-jae dengan harga mahal di bursa transfer musim panas lalu.

Hasil negatif ini tak diterima manajemen Munchen. Pada Rabu 21 Februari 2024, Munchen mengumumkan sepakat mengakhiri kerjasama dengan Tuchel lebih awal. Tuchel bakal pergi akhir musim ini.

"Kami sudah sepakat akan mengakhiri hubungan kerja di akhir musim ini. Sampai saat itu tiba, saya tentunya akan terus berusaha semaksimal mungkin bersama staf kepelatihan saya untuk meraih kesuksesan maksimal," demikian bunyi pernyataan singkat Tuchel di laman resmi klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Munchen Terancam Hampa Gelar

Keputusan berpisah dengan Tuchel diambil karena mereka terancam untuk pertama kalinya hampa gelar musim ini. Terakhir kali Munchen tak bisa kebagian satu trofi pun di musim 2011/2012.

Selain terpuruk di Bundesliga, Munchen juga sudah tersisih dari DFB Pokal. Mereka juga gagal di Piala Super Jerman. Di Liga Champions Munchen tertinggal 0-1 dari Lazio setelah leg pertama babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Kandidat Pengganti Tuchel

 

Beberapa nama langsung dikaitkan sebagai pelatih Munchen musim depan. Kandidat terkuatnya adalah arsitek Leverkusen Xabi Alonso dan Jurgen Klopp yang sudah mengumumkan akan pergi dari Liverpool akhir musim nanti.

Nama-nama lain yang jadi alternatif pengganti eks arsitek Chelsea tersebut antara lain Zinedine Zidane, Antonio Conte, Jose Mourinho hingga Roberto De Zerbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.