Sukses

Alasan PP PBSI Cuma Kirim 2 Wakil ke German Open 2024

BWF World Tour 2024 kembali bergulir pekan depan. Berlangsung German Open di Westenergie Sporthalle, Mulheim, pada 27 Februari hingga 3 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - BWF World Tour 2024 kembali bergulir pekan depan. Berlangsung German Open di Westenergie Sporthalle, Mulheim, pada 27 Februari hingga 3 Maret.

Ajang bulu tangkis level Super 300 itu jadi pembuka tur Eropa. Namun, Indonesia tidak menurunkan kekuatan penuh.

PBSI bahkan cuma mengirim dua wakil ke German Open 2024, seluruhnya di ganda campuran. Mereka adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Keduanya menemani pemain non-Pelatnas Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang turut berkompetisi.

PBSI mengungkapkan alasan di balik keputusan ini. Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa diharapkan bisa melangkah jauh demi mendulang poin yang dibutuhkan pada perburuan tiket Olimpiade Paris.

"Target saya untuk meloloskan Rinov/Pitha karena mereka ada di perbatasan perburuan tiket Olimpiade. Beda poin mereka tidak terlalu banyak dengan Rehan/Lisa dan masih ada sisa turnamen," kata pelatih kepala ganda campuran Indonesia Herry IP dilansir Antara, beberapa waktu.

"Tetap fokusnya di dua pasangan. Mereka diikutkan enam turnamen karena itu hitungan poin terakhir, karena mereka ada di perbatasan," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada An Se-young di German Open 2024

PBSI juga melewatkan German Open tahun lalu. Merah Putih hanya diwakili Dejan/Gloria dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Kedua pasangan sama-sama terhenti di babak 16 besar.

Tidak seekstrem PBSI, negara-negara kuat bulu tangkis masih mengirim wakil ke German Open meski berstatus pelapis. Tapi, masih ada nama-nama tenar yang berpartisipasi pada edisi tahun ini.

Peringkat satu dunia tunggal putri An Se-young dari Korea Selatan bahkan berpartisipasi. Ada pula mantan penghuni posisi teratas ganda campuran asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

3 dari 3 halaman

Rapor Indonesia di BWF World Tour 2024

Kinerja Indonesia pada awal BWF World Tour 2024 terbilang mengecewakan. Dari empat turnamen yang sudah berlangsung, Merah Putih cuma merebut satu gelar dan menghadirkan satu waki ke final.

Adalah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang melakukannya saat menduduki podium tertinggi Indonesia Masters 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.