Sukses

ONE Fight Night 19: Jonathan Haggerty Menang TKO Lawan Felipe Lobo

Petarung berjuluk "The General" ini sukses melumpuhkan Lobo lewat TKO ronde ketiga.

Liputan6.com, Jakarta- Jonathan Haggerty sukses mempertahankan sabuk juara dunia Muay Thai kelas bantam ONE Championship. Haggerty mampu mengalahkan Felipe Lobo dalam duel intens yang sarat dendam di ONE Fight Night 19 yang berlangsung di Lumpinee Boxing Stadium pada Sabtu (17/3/2024).

Setelah sempat terlibat adu mulut di belakang panggung hingga di dunia maya, petarung berjuluk "The General" ini sukses melumpuhkan Lobo lewat TKO ronde ketiga.

Dendam yang terpantik karena perang kata-kata sebelum laga jelas terlihat. Selain itu, Lobo mengemban misi balas dendam atas kekalahan Fabricio Andrade pada November lalu. Lobo dan Andrade adalah rekan satu tim di Tiger Muay Thai.

Sejak awal dimulainya laga, kedua petarung Muay Thai elite itu langsung bertemu di tengah dengan posisi tangan di atas yang melambangkan keseriusan bertarung. Haggerty sempat menyentuh sarung tinju Lobo sesaat ketika keduanya berhadapan.

Setelah itu keduanya langsung menjajal kemampuan masing-masing lewat tendangan, yang dibalas dengan perlawanan Haggerty. Namun, "Demolition Man" tidak diam dan segera membalas dengan kombinasi tinju yang memaksa Haggerty terduduk lesu di karet ring.

Sebelum wasit Olivier Coste menghitung sampai angka delapan, Haggerty mampu bangkit dan mengindikasikan dia siap kembali bertarung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keseruan ONE Fight Night 19

Seisi stadion semakin bergemuruh, dan laga berlanjut ke ronde kedua. Setelahnya, giliran Haggerty yang tampil membara lewat sebuah pukulan kiri keras yang membuat Lobo terjatuh.

Tak mau kalah, Lobo bangkit dan langsung terlibat jual beli serangan dengan Haggerty hingga akhir ronde kedua.

Memasuki ronde ketiga, tensi dan tempo pertandingan semakin meninggi. Dengan skor berimbang, kedua seniman bela diri ini tahu betul bahwa hasil akhir laga masih bisa menjadi milik siapa pun.

Saat tensi laga semakin meningkat, sebuah hook kanan dari Haggerty berhasil mendarat sempurna yang membuat Lobo tersungkur. Beberapa detik berselang, Lobo mampu bangkit, tetapi dia terlihat masih sempoyongan dan menganggap jika sang penantang gelar sudah tak lagi dalam kondisi prima untuk melanjutkan pertempuran.

Laga secara resmi berakhir pada detik ke-45 di ronde ketiga. Haggerty berhasil mempertahankan gelar dalam salah satu pertarungan tersengit pada tahun ini.

Raihan itu menambah tren kemenangan Haggerty jadi enam beruntun, sekaligus menjadi bukti kebangkitan usai kalah beruntun dari Rodtang Jitmuangnon.

Kemenangan juga berhasil menuntaskan perselisihan dengan Lobo di dalam ring. Keduanya pertama kali terlibat perang urat syaraf pada 2023 setelah Lobo meraih kemenangannya atas Saemapetch Fairtex. Perselisihan itu memuncak ketika keduanya terlibat adu mulut di pojok ring usai laga Haggerty melawan Fabricio Andrade di ONE Fight Night 16.

Namun, sportifitas ditunjukkan oleh Haggerty yang menghampiri Lobo serta timnya usai menang. Sang seniman bela diri dari Inggris juga memeluk lawannya.

3 dari 4 halaman

Saemapetch Fairtex Menang atas Mohamed Younes Rabah

Aksi Haggerty itu juga memukau sang CEO Chatri Sityodtong, yang memberinya bonus penampilan senilai 50.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp800 juta. Bonus itu jadi yang ketiga beruntun bagi "The General" setelah menaklukkan Nong-O Hama dan Andrade.

Di laga pendukung utama, ajang penuntasan dendam juga sukses dilakukan oleh Saemapetch Fairtex atas Mohamed Younes Rabah di kelas bantam Muay Thai. Tak tanggung-tanggung, sang mantan penantang sabuk emas itu menang setelah menjatuhkan Rabah tiga kali berturut-turut.

Sejak awal, sang pentolan tim Fairtex itu langsung mengeluarkan tinju andalan yang menghempaskan Rabah ke atas kanvas. Walau dapat bangkit, Saemapetch tak perlu waktu lama untuk kembali menjatuhkan lawannya yang terluka dengan mudah.

Wasit pun menghentikan jalannya laga di menit 1:33 ronde pertama, dan memberi kemenangan TKO untuk Saemapetch. Ia pun juga mendapat bonus penampilan nyaris semiliar atas aksinya yang eksplosif.Sebelumnya di laga pertama, Saemapetch harus kalah memalukan dari Rabah yang menjatuhkannya di ronde pertama. Ia bahkan juga mendapat serangan lutut dalam posisi ilegal, yang membuatnya langsung mendapat kesempatan kedua melawan Rabah.

Hanya pada akhirnya, segala dendam harus tuntas secara ksatria di dalam ring. Setelahnya hanya ada sportifitas serta persahabatan sebagai sesama atlet tarung.

Selain Haggerty dan Saemapetch, bonus penampilan juga diraih oleh Martyna Kierczyńska serta Thongpoon PK Saenchai yang sukses meraih kemenangan TKO. 

4 dari 4 halaman

Hasil Lain ONE Fight Night 19

- Jonathan Haggerty mengalahkan Felipe Lobo via TKO di detik 45 ronde ketiga (Kejuaraan Dunia ONE Bantamweight Muay Thai)

- Saemapetch Fairtex mengalahkan Mohamed Younes Rabah via TKO di menit 1:33 ronde pertama (Muay Thai – Bantamweight)

- Lito Adiwang mengalahkan Danial Williams via keputuan mutlak (MMA – Strawweight)

- Nauzet Trujillo mengalahkan Liam Nolan via Keputusan mutlak (Muay Thai – Lightweight)

- Hiroyuki Tetsuka mengalahkan Abraao Amorim via kuncian lengan di menit 4:57 ronde pertama (MMA – Welterweight)

- Luke Lessei mengalahkan Eddie Abasolo via Keputusan terbelah (Muay Thai – Featherweight)

- Martyna Kierczyńska mengalahkan Nat “Wondergirl” Jaroonsak via TKO di menit 1:24 ronde kedua (Muay Thai -Strawweight)

- Mansur Malachiev mengalahkan Yosuke Saruta via Keputusan mutlak (MMA – Strawweight)

- Thongpoon PK Saenchai mengalahkan Timur Chuikov via TKO di menit 1:37 ronde pertama (Muay Thai – Strawweight)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini