Sukses

Sean Gelael Satu Tim dengan Valentino Rossi di World Endurance Championship 2024

Sean Gelael akan bergabung bersama Valentino Rossi di tim yang sama pada WEC 2024. Keduanya didukung Pertamax Turbo.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap kebanggaan Indonesia Sean Gelael akan berada satu tim dengan Valentino Rossi saat mengikuti salah satu kejuaraan balap mobil bergengsi di dunia, FIA World Endurance Championship (WEC) musim 2024. Keduanya bernaung di W Racing Team (WRT) dengan dukungan penuh Pertamax Turbo.

Sean, Vale, dan Team WRT akan turun di FIA WEC 2024 pada kelas LMGT3 (GT3). Mereka bakal mengendarai mobil BMW M4 GT3. Namun Sean dan Rossi tidak akan mengendari mobil yang sama saat WEC 2024.

Sean rencananya akan mengendarai mobil nomor 31 bersama pembalap asal Brasil, Augusto Farfus, dan pembalap Inggris, Darren Leung. Adapun Valentino Rossi memakai nomor favoritnya, 46. Dia akan ditemani oleh Maxime Martin (Belgia) dan Ahmad Al-Harthy (Oman).

Untuk balapan WEC, Sean akan menjalani musim keempatnya. Tiga musim diantaranya dijalani pemuda 27 tahun itu bersama tim WRT. Sejumlah prestasi bersejarah yang mengharumkan nama Indonesia sudah pernah ditorehkan Sean di WEC.

Pertama, Sean tercatat menjadi pembalap Indonesia pertama yang naik podium (P2) di 24H of Le Mans 2021. Lalu, putra Ricardo Gelael itu menjadi orang Indonesia pertama yang mampu memenangi balapan FIA WEC, tiga kali pada musim 2022.

Selain itu, Sean juga dua kali menjadi runner-up dunia kelas LMP2 pada 2021 dan 2022. Itu adalah pencapaian tertinggi bagi seorang pembalap Indonesia di ajang yang diakui oleh FIA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sean Sudah Pernah Duet dengan Rossi di Dubai

Sementara Rossi baru akan menjalani tahun pertamanya tampil semusim penuh di FIA WEC. Namun Sean sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan Rossi. Sean dan Rossi pernah bahu membahu di Team WRT 46 saat meraih podium 24H Dubai 2023.

"Hal yang paling teringat bagi saya, Rossi itu sangat ramah dan selalu mau belajar. Dia adalah legenda juara dunia MotoGP, tapi tetap mau belajar dari orang lain. Rossi sangat menyenangkan. Mentalitas dia yang membuat dia juara dan dia sangat bekerja keras. Walaupun sekarang sudah lumayan umurnya, dia harus istirahat, tapi karena mental juara, dia terus kerja keras untuk balapan lagi. Itu yang saya pelajari dari dia," ujar Sean dalam jumpa pers di Cilandak, Senin (12/2/2024).

WEC 2024 sendiri rencananya akan dimulai 2 Maret 2024 di Sirkuit Losail, Qatar. Total akan ada delapan putaran sepanjang musim 2024 ini.

3 dari 3 halaman

Rossi Jadi Brand Ambassador Pertamax Turbo

Livery mobil BMW M4 GT3 yang digunakan masing-masing oleh Sean dan Vale di FIA WEC akan diperlihatkan ke publik di booth Pertamina dalam rangkaian Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International EXPO, Kemayoran, pada 15-25 Februari 2024.

Pertamax Turbo sendiri sebenarnya sudah mendukung kiprah Sean di dunia balap sejak 2016 di GP2 sampai dengan tahun 2023. Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan dukungan Pertamina Patra Niaga menggandeng Sean Gelael dan Valentino Rossi sebagai Brand Ambassador Pertamax Turbo adalah upaya mendorong dan memperkenalkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar kelas dunia.

“Pada hari ini kami sangat bangga. Pertamax Turbo akan digaungkan oleh Sean Gelael, talenta otomotif Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah balap internasional, serta Valentino Rossi, legenda balap yang dikenal berbagai generasi. Harapannya, baik Sean dan Vale bisa meraih podium pada musim ini,” terang Riva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.