Sukses

BRI Liga 1: Ganti Pelatih, Ini Alasan Arema FC Pilih Widodo C Putro

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Arema FC menunjuk Widodo Cahyono Putro sebagai pengganti Fernando Valente, Jumat (9/2/2024). Singo Edan berharap perubahan ini bisa membantu tim menghindari degradasi dari BRI Liga 1 2023/2024. 

"Di situasi seperti ini manajemen harus bergerak cepat, pilihan akhirnya jatuh pada Widodo Cahyono Putro yang akan memimpin tim," kata manajer Arema FC Wiebie Dwi Andriyas.

Wiebie menyebut sejumlah alasan di balik keputusan ini. Pertama, Arema FC menilai karakter kuat Widodo dibutuhkan Singo Edan dalam usaha memperbaiki posisi di klasemen.

Pengalaman Widodo juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Arema FC yang saat ini menempati peringkat 16, lima poin di bawah zona aman.

Status Widodo sebagai pelatih lokal turut diperhitungkan manajemen klub. Arsitek Indonesia dinilai lebih cepat beradaptasi. Ini dibutuhkan Arema FC yang tidak punya banyak waktu untuk bangkit, dengan kompetisi menyisakan 10 pertandingan.

 "Kami menilai coach Widodo C Putro adalah figur pelatih yang memiliki karakter serta pengalaman, tentu tidak lain hal ini dilakukan sebagai upaya agar Arema FC bisa lepas dari zona degradasi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arema FC Pecat Fernando Valente

Sebelumnya manajemen Arema FC memutuskan untuk mengakhiri kontrak Valente. Pelatih asal Portugal itu diberhentikan setelah Singo Edan ditaklukkan PSIS Semarang 1-4 pada partai terakhir.

"Kami berharap keputusan tersebut dapat membangkitkan semangat tim dan membantu memperbaiki kondisi Arema FC yang saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi," kata Wiebie.

Manajemen Arema FC mengapresiasi kontribusi Valente dalam membantu transisi psikologis tim pascaperistiwa tragedi di Stadion Kanjuruhan, pada 1 Oktober 2022. Namun, kebutuhan tim untuk segera bangkit dari posisi degradasi menjadi fokus utama.

3 dari 3 halaman

Kiprah Fernando Valente di Arema FC

Valente ditunjuk sebagai arsitek Arema FC pada Agustus 2023. Namun, performa Dedik Setiawan dan kawan-kawan tetap kurang baik.

Hingga kini Arema FC yang sudah melakoni 24 kali pertandingan  hanya mampu mengantongi lima kali kemenangan, delapan imbang, dan 13 kali kalah. 

Sebelum Arema, pernah menjadi pelatih Liga 2 Portugal Paredes pada 2001/2002 dan 2009/2012. Selain itu juga pernah menjadi pelatih SC Espinho, Desportivo Aves, CD Santa Clara dan Varzim SC pada Liga Portugal.

Valente juga berpengalaman untuk membesut klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk B pada 2019-2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini