Sukses

Hasil Piala Asia 2023: Catat Sejarah ke Final Usai Singkirkan Korsel, Yordania Tunggu Pemenang Duel Qatar vs Iran

Dua gol Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari ke gawang Korsel memastikan Yordania maju ke final Piala Asia 2023 dan ditunggu pemenang laga Qatar vs Iran.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Korsel gagal melangkah ke partai puncak Piala Asia 2023 setelah harus mengakui keunggulan Yordania. Pada laga semifinal, Selasa malam WIB (6/2/2024), di Stadion Ahmad bin Ali, Korsel kalah 0-2.

Sukses Yordania lolos ke final Piala Asia 2023 ditentukan dua gol Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari. Sebaliknya, Korsel kesulitan membalasnya meski beberapa kali memperoleh peluang.

Yordania pun bisa melaju ke final Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. Mereka kini tinggal menunggu pemenang duel Qatar vs Iran.

Selain agresif, Yordania tampil solid di pertandingan ini dengan membendung serangan-serangan Korsel. Beberapa serangan berbahaya berhasil mereka ciptakan di pertahanan Korsel.

Namun, Korsel akhirnya bisa mengatasi situasi dan kemudian bisa mulai menekan balik pertahanan sang lawan. Pada menit ke-19 Son Heung-min bahkan bisa mencetak gol dengan tendangan chipnya. Tapi wasit menganulirnya karena ia sebelumnya terjebak offside.

Setelah gagal mendapat penalti karena dicek ulang VAR, Korsel hampir mencetak gol namun sundulan Lee Jae-sung mengenai tiang gawang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Gol Kemenangan Yordania atas Korsel

Meski di awal babak kedua sempat ditekan Korsel, Yordania justru bisa mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-53.

Yazan Al-Naimat mendapat umpan matang ke dalam kotak penalti. Ia kemudian bisa mencungkil bola melewati kiper dengan mudah untuk membuat Yordania unggul 1-0 atas Korea Selatan.

Yordania bisa mencetak gol lagi pada menit ke-66. Dari serangan balik, Taamari sukses melakukan solo run dari halfspace kanan dan melepas tembakan kaki kiri di depan kotak penalti. Bola bersarang di sisi kanan gawang. 2-0!

Korsel mencoba keras untuk bisa mencetak gol balasan. Namun, hingga akhir pertandingan tak ada lagi gol tambahan tercipta.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Yordania: Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Yazan Al-Arab, Bara' Marie, Ihsan Haddad, Nizar Al-Rashdan, Noor Al-Rawabdeh, Mohammad Abu Hashish, Musa Al-Taamari, Mahmoud Al-Mardi, Yazan Al-Naimat

Pelatih: Hussein Ammouta

Korea Selatan: Jo Hyeon-woo, Seol Young-woo, Kim Young-gwon, Jeong Seung-Hyeon, Kim Tae-hwan, Hwang In-beom, Park Yong-woo, Lee Jae-sung, Hwang Hee-chan, Son Heung-min, Lee Kang-in

Pelatih: Jürgen Klinsmann

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.