Sukses

Prabowo Subianto Janji Siapkan Dana Abadi untuk Lestarikan Budaya, Salah Satunya Pencak Silat

Calon Presiden 2024 nomor urut dua Prabowo Subianto menjanjikan dana abadi untuk menjaga budaya Indonesia, salah satunya pencak silat. Prabowo juga menekankan pentingnya pemerintah dalam mendukung disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden 2024 nomor urut dua Prabowo Subianto menjanjikan dana abadi untuk menjaga budaya Indonesia, salah satunya pencak silat. Prabowo juga menekankan pentingnya pemerintah dalam mendukung disabilitas.

Prabowo menyampaikan hal tersebut pada debat Capres 2024 sesi kelima di JCC, Minggu (4/2/2024).

“Budaya adalah karakter bangsa. Tanpa kita membanggakan, menghormati, dan melestarikan budaya kita sendiri, kita hilang jati diri sebagai bangsa. Kami Prabowo-Gibran merencanakan ada dana abadi untuk budaya, memberi dukungan dan dorongan bagi pelaku-pelaku budaya, di semua bidang,” kata Prabowo.

“Ini adalah mutlak. Budaya kita, salah satu contoh adalah pencak silat sebagai bela diri, warisan nenek moyang. Saya sudah 37 tahun mengurus pencak silat,” sambung sosok yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia itu.

Di samping itu, Prabowo tak setuju bila negara hanya berperan sebagai regulator, tetapi harus menjadi pelopor dalam perlindungan budaya.

"Intervensi bila perlu, bekerja untuk rakyat. Di bidang budaya, pemerintah juga harus di depan, menjaga melestarikan semua budaya di semua bidang," ucap Prabowo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Dukung Kesetaraan Disabilitas

Prabowo juga menunjukkan dukungannya terhadap disabilitas. Salah satu aksi nyata yang sudah dilakukannya adalah memberangkatkan tim-tim olahraga untuk bersaing di pentas internasional.

“Kami di Gerindra termasuk mendorong lolosnya UU Disabilitas lolos di DPR. Kami berkomitmen memberi pendidikan khusus dan membantu. Saya juga sering mengirim tim-tim olahraga untuk Olimpiade disabilitas, sepak bola disabilitas. Kita harus lebih berpihak kepada mereka,” ungkapnya.

“Tapi intinya adalah benar bahwa kita harus lebih berpihak kepada mereka dan kita berkomitmen untuk merekrut mereka di dalam pekerjaan-pekerjaan yang bisa mereka lakukan di pemerintahan, dan juga di komunitas pertahanan. Ada bidang-bidang mereka dapat melaksanakan,” jelas Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Debat Capres 2024 Sesi Kelima

Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) sudah memasuki sesi kelima. Debat Capres terakhir hari ini 4 Februari 2024 akan menjadi panggung bagi para Capres sebelum bertarung dalam Pemilu atau Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Dalam debat capres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan beradu gagasan mengenai Pendidikan, Kesehatan, Ketanagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial, dan Inklusi. Debat Capres hari ini dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB, sama seperti jadwal debat-debat sebelumnya.

Dalam debat ini, durasi secara keseluruhan akan berlangsung selama 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri atas enam segmen. Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada peserta debat dan akan saling menanggapi. Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini