Sukses

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Tantang Australia di 16 Besar, Shin Tae-yong Tutup Peluang Mainkan Ramadhan Sananta

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyiratkan tak bakal memberi menit bermain buat Ramadhan Sananta dan beberapa nama lain saat skuad Garuda menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyiratkan tak bakal memberi menit bermain buat Ramadhan Sananta dan beberapa nama lain saat skuad Garuda menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Sekadar informasi, hingga kini masih ada sejumlah penggawa skuad Garuda yang belum mendapat menit bermain di panggung AFC Asian Cup 2023.

Dari tiga laga penyisihan grup melawan Irak, Vietnam, dan Jepang, Ramadhan Sananta, Shayne Pattynama, Wahyu Prasetyo, Edo Febriansah, Dendy Sulistyawan, ditambah dua kiper Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi urung diturunkan.

Pertandingan melawan Australia di babak 16 besar pun idealnya menjadi kesempatan tambahan buat para pemain unjuk kebolehan. Akan tetapi, harapan itu pupus lantaran pelatih Timnas Indonesia sudah menyiratkan pihaknya tak bakal banyak melakukan perubahan dalam susunan pemain.

"Meski kami membawa 26 pemain (ke Piala Asia), pemain yang bisa bermain di satu pertandingan normalnya cuma 16-18 orang. Saya rasa situasi ini juga dialami tim lain," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan yang disiarkan di YouTube AFC Asian Cup, Sabtu (27/1/2024).

"Mayoritas tim menggunakan skuad dengan cara ini. Kemungkinannya, buat para pemain yang belum tampil sama sekali sejauh ini, tidak akan mudah buat mereka dimainkan (di laga) melawan Australia," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Persiapan Timnas Indonesia Terbatas

Shin Tae-yong sendiri punya alasan khusus di balik keutusannya untuk tak melakukan terlalu banyak eksperimen saat menghadapi Australia dalam pertandingan 16 besar.

Di samping karena kualitas yang dimiliki calon lawannya, juru taktik asal Korea Selatan juga merasa skuad Garuda tak punya cukup waktu untuk melakukan persiapan sekaligus menginisiasi perubahan dibanding laga sebelumnya.

"Setelah babak grup, kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan. Kami saat ini punya 26 pemain, kami punya aset, jadi tidak ada yang terlalu berbeda dalam hal persiapan jika dibandingkan dengan laga sebelumnya," ucap eks juru taktik Timnas Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Tampil Maksimal saat Lawan Australia

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong memastikan para pemain yang diberi kepercayaan tampil bakal menunjukkan permainan maksimal di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Meski peluang menang terbilang tipis, juru taktik asal negeri ginseng menyimpan ambisi mengantar pasukan Garuda tembus ke perempat final dan berhadapan dengan negara asalanya, Korea Selatan.

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami punya peluang untuk mengalahkan Australia. Dari segi ball possession kami mungkin cuma akan mencatatkan 70-30, 70% Australia dan 30% Indonesia," ucap Shin Tae-yong pada Sabtu (27/1/2024).

"(Di pertandingan) Korea vs Arab Saudi, ball possession-nya akan jadi 60-40. Korea punya sedikit keunggulan (ketimbang Arab Saudi). Namun, saya tetap berharap, saya bisa bermain melawan Korea Selatan (dengan Timnas Indonesia) di babak perempat final," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.