Sukses

Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Nyaris Mustahil Bungkam Australia, tapi...

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya nyaris mustahil mampu meladeni permainan Australia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui anak-anak asuhnya nyaris mustahil mampu meladeni permainan Australia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

Walau demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu memastikan pihaknya bakal berupaya membawa skuad Garuda tampil maksimal selama pertandingan. Bila tak menutup kemungkinan, STY berambisi menantang Korea Selatan di babak perempat final.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah dituggu lawan berat di fase knock-out Piala Asia 2023. Pasukan Merah Putih, yang perdana tembus dari babak grup langsung dipaksa bersua dengan tim raksasa sekelas Australia.

Dari segi ranking FIFA, skuad Garuda sudah kalah telak dari Socceroos. Skuad racikan Graham Arnold saat ini menduduki urutan 25 dunia, berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia yang terkunci di peringkat 146.

Shin Tae-yong pun tak mau omong besar soal peluang skuadnya menaklukkan Australia di babak gugur. Juru taktik asal Korea Selatan menilai Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sulit menang dan bakal kalah jauh dalam hal penguasaan bola ketimbang Socceroos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong Jelang Lawan Australia

Terlepas dari minimnya peluang, Shin Tae-yong memastikan anak-anak asuhnya bakal menunjukkan mental bertarung apik dalam pertandingan kontra Australia.

Apabila memungkinkan, eks pelatih Taeguk Warrior juga berharap negaranya bisa mengalahkan Arab Saudi di 16 besar, sehingga mereka bertemu dengan Indonesia di perempat final Piala Asia 2023.

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami punya peluang untuk mengalahkan Australia. Dari segi ball possession kami mungkin cuma akan mencatatkan 70-30, 70 persen Australia dan 30 persen Indonesia," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan yang disiarkan di YouTube AFC, Sabtu (27/1/2024).

"(Di pertandingan) Korea vs Arab Saudi, ball possession-nya akan jadi 60-40. Korea punya sedikit keunggulan (ketimbang Arab Saudi). Namun, saya tetap berharap, saya bisa bermain melawan Korea Selatan (dengan Timnas Indonesia) di babak perempat final," tambahnya.

3 dari 3 halaman

STY Puji Kualitas Australia

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak segan memuji kualitas Timnas Australia. Ia secara terang-terangan menilai Socceroos kuat secara fisik dan organisasi, sehingga bakal sulit bagi skuad Garuda untuk membongkar lini pertahanan mereka.

"Tim Australia secara fisik sangat kuat dan terorganisasi, jadi saya tidak berpikir kami bisa menemukan kekurangan atau masalah dalam lini pertahanan mereka," ucap Shin Tae-yong.

"Akan tetapi, dalam pertandingan, semua situasi bisa berubah. Jadi saya masih mencoba mencari tahu bagaimana kami harus menghadapi lini pertahanan Australia dan bagaimana kami harus membongkar lini pertahanan mereka," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.