Sukses

Erick Thohir Beber Respons Presiden Jokowi usai Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap respons Presiden Joko Widodo usai Timnas Indonesia berhasil tembus ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap respons Presiden Joko Widodo usai Timnas Indonesia berhasil tembus ke babak 16 besar Piala Asia 2023. 

Seperti diketahui, skuad Garuda berkesempatan tampil di fase knock-out setelah lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. 

Hasil imbang dalam duel Kirgistan vs Oman di matchday ketiga Grup F, Kamis (25/1/2024) lalu, memastikan slot terakhir babak 16 besar menjadi milik Timnas Indonesia. 

Keberhasilan tersebut tak ayal menjadi momen spesial buat skuad Garuda lantaran sukses mencetak sejarah tampil di babak gugur untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan dalam kompetisi Piala Asia.

Presiden Joko Widodo selaku tokoh nomor satu Indonesia turut menyampaikan apresiasi dan kebanggan atas kinerja yang diperlihatkan anak-anak asuh Shin Tae-yong di AFC Asian Cup edisi ini. 

Ketum PSSI Erick Thohir mengklaim, Presiden juga siap mendukung penuh upaya pembangunan sepak bola, baik dari aspek kesiapan tim nasional maupun infrastruktur. 

"Beliau (Presiden Jokowi) senang timnas bisa mencetak sejarah dengan lolos ke 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya," ungkap Erick Thohir lewat unggahan di Instagram resminya, Jumat (26/1/2024). 

"Bapak Presiden juga menyatakan mendukung penuh pembangunan sepak bola Indonesia, baik dari segi persiapan timnas maupun pembangunan infrastruktur seperti training center," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Singgung 'Peran' Kirgistan

Sementara itu, terkait 'bantuan' tidak langsung Kirgistan yang mengantar Timnas Indonesia lolos ke fase knock-out, Erick Thohir tak ingin banyak berkomentar. Menurutnya, apresiasi sudah diberikan langsung oleh masyarakat Indonesia melalui berbagai ucapan di medi sosial.

Tadi kan sudah dijawab oleh suporter, itu pemain sepak bola (Joel Kojo, pencetak gol penyeimbang) yang tadinya followers (media sosialnya) hanya 27 ribu jadi 150 ribu, jadi trending topic," ucap Erick Thohir sembari bergurau di SUGBK pada Jumat (26/1/2023). 

"Saya kemarin sudah minta untuk kirim sesuatu ya. Akan tetapi, bukan berarti kita nanti disangka melakukan ini. Ya saya mengucapkan terima kasih."

"Namun begini, kalau kita mau tim kita kuat, ya tidak boleh tergantung dengan negara lain. Karena harus (kuat)dari diri kita sendiri yang memang benar-benar mempersiapkan," imbuhnya

3 dari 3 halaman

Bakal Dapat Bonus

Adapun dengan keberhasilan tembus ke babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia dipastikan bakal menerima bonus. Ketum PSSI Erick Thohir pun tak segan-segan menawarkan bonus tambahan, andai skuad Garuda mampu mencapai babak 8 besar. 

"Ya kalau (lolos) 16 besar kan sudah ada bonusnya. (Kalau tembus) 8 besar, ya ada lagi," beber Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (26/1/2024) lalu. 

"Kan yang enak itu. Jadi jangan bicara bonus dulu, bicara prestasi. Alhamdulillah bonus (akan diberikan)," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.