Sukses

Nasib Indonesia di Piala Asia 2023 Makin di Ujung Tanduk: Bahrain Menang, Malaysia Tahan Korea

Malaysia menahan Korea sehingga Son Heung-min cs menjadi peringkat dua Grup E Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Nasib Indonesia di Piala Asia 2023 semakin di ujung tanduk dan terancam gagal ke babak 16 besar. Terjadi dua drama di matchday terakhir Grup E pada Kamis (25/1/2024) petang WIB.

Korea Selatan yang awalnya difavoritkan menjadi juara Grup E sebelum laga terakhir digelar malah harus puas finis di urutan dua setelah cuma bermain imbang 3-3 dengan Malaysia.

Bertanding di Stadion Al Janoub, Korea unggul lebih dulu 1-0 di babak pertama melalui gol Jeong Woo-yeong. Namun di babak kedua Malaysia secara luar biasa membalikkan keadaan dengan mencetak gol dalam kurun 11 menit lewat Faisal Halim dan penalti Arif Aiman.

Pertandingan makin seru setelah Korea Selatan menyamakan skor di menit 83 berkat gol bunuh diri kiper Syihan Hazmi. Bola tendangan bebas Lee Kang-in ditepis Syihan dan mengenai mistar gawang. Sialnya bola memantul mengenai Syihan dan masuk ke gawang.

Korea kemudian berbalik unggul di menit keempat injury time babak kedua berkat penalti Son Heung-min. Secara luar biasa Malaysia menyamakannya di menit 15 masa injury time lewat sepakan terukur pemain pengganti Romel Morales.

Hasil imbang ini membuat Korea menjadi runner-up Grup E dengan koleksi lima poin. Namun mereka tetap lolos ke 16 besar. Malaysia sendiri tersisih dari Piala Asia 2023 karena menjadi juru kunci dengan poin satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahrain Jadi Juara Grup E

Yang mengejutkan Bahrain yang awalnya jadi pesaing Indonesia menjadi salah satu peringkat tiga terbaik justru kini melesat menjadi juara Grup E. Bahrain menang 1-0 atas Yordania di laga terakhir berkat gol tunggal Abdulla Yusuf Helal di babak pertama.

Bahrain menjadi juara Grup E dengan poin enam. Sedangkan Yordania finis di urutan tiga dengan poin empat. Tapi mereka juga tetap lolos sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik.

3 dari 3 halaman

Sama-Sama Hindari Jepang

Korea dan Yordania nampaknya sama-sama menghindar dan tak mau menjadi juara Grup E. Pasalnya dengan menjadi penguasa grup maka akan bertemu Jepang di 16 besar. Jepang hanya menjadi runner-up di Grup D.

Namun dengan kemenangan Bahrain ini maka Indonesia jadi semakin di ujung tanduk untuk bisa menjadi salah satu peringkat tiga terbaik. Nasib pasukan Shin Tae-yong kini akan bergantung laga Grup F yang berlangsung nanti malam.

Indonesia bakal berharap Kyrgyzstan bisa menahan imbang Oman. Jika Oman yang meraih kemenangan maka Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus pulang kampung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini