Sukses

Dihajar Jepang, Begini Skenario Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia masih bisa ke 16 besar Piala Asia 2023 meski peluangnya terbilang sangat kecil.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia baru saja menelan kekalahan 1-3 saat melawan Jepang di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda pun gagal meraih tiket ke 16 besar sebagai runner-up grup. Namun peluang melaju masih terbuka lewat jalur salah satu peringkat tiga terbaik.

Di Piala Asia 2023, ada empat tiket ke babak 16 besar untuk empat peringkat tiga terbaik. Dua tiket sudah diamankan oleh Palestina dan Suriah. Tinggal dua tiket tersisa diperebutkan Indonesia, Bahrain dan Oman.

Peluang Indonesia menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik kini bergantung pada hasil di laga Grup E dan F. Bisa dibilang peluang timnas Indonesia ke babak 16 besar sudah tipis dan butuh keajaiban.

Setelah keok dari Jepang, pasukan Shin Tae-yong cuma bisa berharap Yordania masih mau tampil serius di laga terakhir Grup E sehingga bisa membantai Bahrain. Indonesia butuh bantuan Yordania untuk mengalahkan Bahrain minimal dengan 2-0.

Namun agak sulit mengharapkan Yordania. Negara Timur Tengah tersebut kemungkinan cuma mencari hasil imbang saja saat melawan Bahrain. Hasil imbang memang sudah meloloskan Yordania. Justru Yordania akan menghindari menang besar karena bisa membuat mereka menjadi juara Grup E.

Menjadi juara Grup E akan membuat Yordania bertemu Jepang selaku runner-up Grup D di babak 16 besar Piala Asia 2023. Yordania diperkirakan akan menghindar dan memberikan kepada Korea Selatan status juara Grup E.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oman Harus Gagal Menang

Korea saat ini memang berada di urutan dua Grup E karena kalah selisih gol dari Yordania meski sama-sama mengoleksi empat poin. Namun pada laga terakhir Korea cuma bertemu Malaysia yang menjadi juru kunci dan selalu kalah di dua laga awal. Kemenangan besar akan mudah diraih Korea.

Pesaing lain Indonesia menjadi salah satu peringkat tiga terbaik adalah Oman dan Kyrgyzstan dari Grup F. Indonesia akan lolos jika Oman bermain imbang dengan Kyrgyzstan di laga terakhir.

Oman baru mengoleksi satu angka dari dua laga yang dijalani. Sedangkan sang lawan selalu keok di dua laga awal. Bahkan Kyrgyzstan juga kalah 0-2 dari Thailand. Jika Oman menang dengan skor berapapun atas Kyrgyzstan, Indonesia akan kalah bersaing.

Namun andai Kyrgyzstan membuat kejutan dengan mengalahkan Oman maka nasib Indonesia juga terancam. Bila Kyrgyzstan menang dengan membuat tiga gol lebih maka perlu hitung-hitungan rekor disiplin.

 

 

3 dari 3 halaman

Posisi Klasemen Grup D

Senin, 15 Januari 2024

Indonesia vs Irak (Stadion Ahmad bin Ali): 1-3

Jumat, 19 Januari 2024

Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa): 0-1

Rabu, 24 Januari 2024

Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama): 3-1

 

Klasemen Grup D

 Peringkat  Negara   Main   Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin
 1.  Irak  3  3  0  0  8-4  9
 2.   Jepang  3   2  0  1  8-5  6
 3.   Indonesia  3   1  0  2  3-6  3
 4.   Vietnam   3   0   0  3  4-8  0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini