Sukses

Hasil Indonesia Masters 2024: Rebut Tiket 16 Besar, Anthony Ginting Ungkap Kunci Kemenangan atas Wakil Thailand

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting sukses mengamankan tiket ke babak 16 besar Indonesia Masters 2024 setelah menaklukkan wakil Thailand Kantaphon Wangcharoen dengan straight game 21-13 dan 21-15 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Rabu (24/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting sukses mengamankan tiket ke babak 16 besar Indonesia Masters 2024.

Hasil itu didapat setelah pebulu tangkis asal Cimahi menang dua game langsung dengan 21-13 dan 21-15 atas wakil Thailand Kantaphon Wangcharoen di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Rabu (24/1/2024).

Menilik jalannya laga, Anthony Sinisuka Ginting memang tampil percaya diri sejak awal game pertama. Dia terus memimpin perolehan poin dan mampu menyudahi set pembuka relatif cepat lewat keunggulan telak 21-13.

Dominasi coba dipertahankan wakil Indonesia memasuki game kedua. Akan tetapi, justru Kantaphon Wangcharoen yang berhasil mendominasi jalannya laga di awal set kedua.

Wakil Thailand bahkan mampu memaksa Ginting tertinggal 9-11 saat jeda. Barulah pasca interval, pebulu tangkis Merah Putih sukses membalikkan keadaan.

Ginting tancap gas usai menyamakan skor di kedudukan 14-14. Wakil Indonesia pun ogah menyia-nyiakan momentum dan langsung menutup game kedua lewat keunggulan 21-15, yang memastikan tiket ke fase 16 besar Indonesia Masters 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunci Kemenangan Anthony Ginting

Dalam konferensi pers selepas pertandingan, Anthony Sinisuka Ginting mengungkap kunci kemenangannya atas Kantaphon Wangcharoen di laga perdana.

Selain karena sudah mengenali pola permainan lawan, pebulu tangkis peringkat 4 dunia juga mampu mengantisipasi perubahan strategi Kantaphon, yang membuatnya merebut keunggulan di set kedua.

"(Saya) mengucap syukur bisa bermain dengan baik hari ini. So far, memang kami (saya dan Kantaphon) sudah saling tahu permainan satu sama lain," ucap Ginting kepada awak media selepas laga di Istora Senayan, Rabu (24/1/2024) sore WIB.

"Mungkin tadi kunci utamanya di-highlight di set kedua, waktu dia sempat memimpin. Dia sudah mempelajari set pertama dan mencoba mengubah pola permainan."

"Saya sadar setelah interval, pelatih juga sudah memberi tahu (hal itu) dan (menyampaikan) instruksi. Saya coba ubah lagi (strategi) setelah interval dan itu bisa (membantu) mengejar ketertinggalan serta mengungguli permainan di set kedua," tambah tunggal putra bulu tangkis Indonesia.

3 dari 3 halaman

Tiket Pertama Nomor Tunggal Putra

Kemenangan atas Kantaphon Wangcharoen sekaligus menandai tiket pertama babak 16 besar yang berhasil diraih wakil Indonesia di nomor tunggal putra.

Sebelumnya, kompatriot Ginting, Jonatan Christie, harus mengakui keunggulan pebulu tangkis China Lu Guang Zu usai dipaksa takluk pada hari yang sama.

Jojo gagal mengamankan slot tanding di fase selanjutnya lantaran kalah rubber game, 21-19, 19-21, dan 19-21 dalam pertandingan berdurasi 78 menit.

Sementara itu, satu wakil lain yakni Chico Aura Dwi Wardoyo masih akan bertanding melawan raksasa Denmark Anders Antonsen pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.