Sukses

Piala Asia 2023: Jordi Amat Tuai Pujian usai Ngotot Bela Timnas Indonesia hingga Berdarah-darah

Jordi Amat tengah menjadi sorotan menyusul determinasinya yang tinggi saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jordi Amat menjadi sorotan menyusul determinasinya yang tinggi saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pesepak bola berusia 31 tahun itu beberapa kali dilanda masalah kebugaran, tetapi masih bersemangat ambil bagian dalam perjuangan skuad Garuda.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sebelumnya telah mewati dua laga penyisihan grup D melawan Irak dan Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong dihajar 1-3 oleh Singa Mesopotamia, tetapi berhasil unggul 1-0 saat menghadapi The Golden Star.

Mirisnya, Jordi Amat selalu dilanda masalah di tiap laga bersama Timnas Indonesia. Penggawa Johor Darul Ta'zim mengaku sempat mengalami kencing darah jelang pertandingan kontra Irak di matchday perdana.

Ia juga mengalami benturan dalam pertandingan kontra Vietnam, yang membuat hidungnya berdarah dan terjadi patah tulang, sehingga posisinya terpaksa digantikan oleh Rizky Ridho.

Kendati demikian, Jordi Amat tetap memiliki semangat tinggi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Mantan penggawa Swansea City itu bahkan berambisi tampil dalam duel pemungkas melawan Jepang, Rabu (24/1/2024).

"Saya ada patah tulang kecil di sebelah hidung saya. Saya kira 2 hari istirahat saja cukup untuk penyembuhan dan saya harap saya bisa bermain dengan masker untuk melindungi wajah saya," tutur Jordi, Sabtu (20/1/1/2024), dilansir dari situs resmi PSSI.

"Memang tidak nyaman karena menyakitkan tetapi saya berharap peradangannya hilang dalam beberapa hari," sambung pemain kelahiran 1992 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Sanjung Jordi Amat

Sikap Jordi Amat tersebut sontak membuat dirinya menuai sanjungan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menyebut sang pemain punya patriotisme tinggi serta mengucap terima kasih atas determinasi sang pemain.

"Ya itulah namanya patriotisme, itu yang saya bilang jangan pernah membedakan mana pemain yang ada liga Indonesia, mana di liga luar negeri. Jangan juga bedakan suku, agama, lahir di mana," ucap Erick Thohir saat ditemui awak media di bilangan Sudirman, Jakarta, Senin (22/1/2024).

"Inilah yang namanya membangun tim, sebuah kesatuan, kebersamaan yang bisa menghasilkan yang baik. Siapa pun yang ingin membela Merah Putih, itulah Indonesia. Saya berharap nilai-nilai yang disampaikan Jordi juga bisa mengalir ke semua."

Saya berterima kasih kepada Jordi dan saya berterima kasih kepada semua pemain yang mau mengorbankan liburannya untuk fokus tim nasional. Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga pemain yang rela melepaskan mereka juga untuk bekerja, berlatih selama liburan," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Berburu Tiket 16 Besar Piala Asia 2023

Sekadar informasi, Jordi Amat bersama Timnas Indonesia saat ini tengah berburu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pasukan Garuda harus menghadapi tugas maha berat dengan menaklukkan Jepang di matchday ketiga.

Kemenangan atas Samurai Biru bakal langsung mengantar skuad Garuda lolos dengan status runner-up. Sementara itu, hasil imbang atau kalah membuat Timnas Indonesia harus menunggu klasemen akhir peringkat 3 terbaik.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Senin, 15 Januari 2024

21.30 WIB: Indonesia 1-3 Irak (Stadion Ahmad bin Ali)

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB: Vietnam 0-1 Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB: Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.