Sukses

Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Manfaatkan Peluang Hajar Jepang di Piala Asia 2023

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap Timnas Indonesia mampu memanfaatkan peluang untuk mengalahkan Jepang dalam matchday pemungkas Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap Timnas Indonesia mampu memanfaatkan peluang untuk mengalahkan Jepang dalam matchday pemungkas Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024).

Seperti diketahui, skuad Garuda baru saja memetik hasil cukup baik di pertandingan kedua AFC Asian Cup. Anak-anak asuh Shin Tae-yong mampu menjaga asa tembus ke babak 16 besar setelah menaklukkan Vietnam dengan 1-0.

Sebaliknya, Jepang justru tersandung kala melakoni laga kedua kontra Irak. Pasukan Hajime Moriyasu dihajar 1-2 oleh Singa Mesopotamia, yang membuat mereka duduk di urutan 2 klasemen sementara grup D dan memiliki perolehan poin identik dengan Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun menilai situasi ini bisa menjadi momentum bagi Timnas Indonesia mencuri kemenangan. Tambahan tiga poin menjadi nilai mutlak yang harus didapat skuad Garuda jika ingin lolos dengan status runner-up, mengingat mereka tertinggal selisih gol dari Samurai Biru.

"Saya rasa mereka sudah bermain sebaik mungkin lawan Vietnam. Kalau kita melihat empat pertandingan terakhir, kita dua kali seri dan dua kali kalah, tetapi kemarin kita bisa mendapat kemenangan. Tentu sekarang bagaimana tiga poin ini bisa kita tambah untuk menggaransi slot ke 16 besar. Tidak mudah, karena Jepang ranking 17 (FIFA)," ucap Erick Thohir saat ditemui awak media di bilangan Sudirman, Jakarta, Senin (22/1/2024).

"Jepang ini 11 kali bertanding, saya rasa baru kemarin kalah yang sama Irak dan tidak diduga-duga, sekecil apapun kesempatan, kita harus tetap gunakan," sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Bakal Dukung Langsung Timnas Indonesia di Qatar

Lebih lanjut, Erick Thohir menilai bukan tidak mungkin Timnas Indonesia mampu membuat kejutan saat menghadapi tim besar sekelas Jepang. Ketua Umum PSSI pun berkomitmen bakal hadir langsung di Qatar guna memberi dukungan moral bagi skuad Garuda.

"Saya melihat anak-anak muda Indonesia yang ada di lapangan saat ini, saya berharap sekecil apapun, bukan tidak mungkin (mereka mengalahkan Jepang)," tutur Erick Thohir kepada awak media.

"Karena itu, saya memutuskan untuk terbang malam ini. Siapa tahu bisa memberi effort lebih, supaya bisa tampil paling tidak baik, sebaik mereka melawan Vietnam kemarin," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Sekadar informasi, Timnas Indonesia masih punya dua skenario untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Garuda harus menang melawan Jepang di laga terakhir demi memperebutkan tiket sebagai runner-up.

Adapun hasil imbang bakal membuat Samurai Biru lolos mendampingi Irak. Hal itu lantaran anak-anak asuh Hajime Moriyasu saat ini unggul selisih gol dari Timnas Indonesia di klasemen sementara grup D.

Kalau pun gagal menang, skuad Garuda masih punya peluang lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Namun, kepasstian ini baru bisa didapat usai melihat hasil pertandingan rival-rival di grup lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.