Sukses

Hajar Vietnam di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Masih Ada Kekurangan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku anak-anak asuhnya masih punya kekurangan, terlepas dari keberhasilan mereka menaklukkan Vietnam di laga kedua Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku anak-anak asuhnya masih punya kekurangan, terlepas dari keberhasilan mereka menaklukkan Vietnam di laga kedua Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Skuad Garuda sebelumnya memang dalam kondisi terdesak untuk memetik kemenangan lantaran Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sudah kalah 1-3 saat meladeni Irak di matchday kedua, Senin (15/1/2024) lalu.

Kala itu Timnas Indonesia gagal memanfaatkan momentum usai Marselino Ferdinan mencetak gol penyeimbang. Alhasil capaian dominan kontra The Golden Star diperlukan demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sayangnya, menilik rekor pertemuan Timnas Indonesia dengan Vietnam, anak-anak asuh Shin Tae-yong sering kali berada pada posisi minor. Pelatih asal Korea Selatan belum pernah membawa Merah Putih menang dalam empat pertemuan kontra The Golden Star sejak menangani Garuda, dan tak sekali pun bisa membobol gawang mereka.

Barulah pada pertandingan kedua AFC Asian Cup, anak-anak asuh STY sanggup memutus tren negatif. Gol tendangan penalti Asnawi menjadi faktor pembeda pada menit 42, yang mengantar Timnas Indonesia menang tipis 1-0 sekaligus menjaga clean sheet di laga tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Masih Punya Kekurangan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengapresiasi usaha dan performa apik yang diperlihatkan anak-anak asuhnya saat melawan Vietnam.

Kendati begitu, ia juga tak menampik bahwa kemenangan mereka sedikit dipengaruhi oleh faktor keberuntungan lantaran Timnas Indonesia masih punya kekurangan di pertandingan melawan The Golden Star.

"Timnas Indonesia adalah tim muda, sehingga ada kekurangan pengalaman bermain. Itulah sebabnya kinerja mereka di kedua babak berbeda," ucap Shin Tae-yong pasca pertandingan Piala Asia 2023.

"Vietnam mengubah taktik di babak kedua dan bermain lebih baik. Pemain saya memang masih kurang berpengalaman, tetapi mereka sangat berkomitmen, ingin menang, dan dengan segala cara berupaya menjaga skor," tambahnya.

3 dari 3 halaman

STY Percaya pada Pemain

Terlepas dari penilaian tersebut, Shin Tae-yong mengeklaim dirinya percaya pada kemampuan para pemain di lapangan. Pasalnya meski berposisi sebagai pelatih, eks juru taktik Timnas Korea Selatan mengaku ada hal-hal yang tak bisa dia kendalikan dari luar lapangan.

"Meskipun saya pelatih, ada hal-hal yang tidak dapat saya kendalikan di lapangan, dan saya hanya bisa mempercayai para pemain untuk melakukannya. Hari ini mereka tampil baik, lebih kuat dibandingkan pertandingan sebelumnya," tandas Shin Tae-yong selepas laga.

Dengan keberhasilan menaklukkan Vietnam, pasukan Merah Putih kini duduk di peringkat 3 klasemen sementara grup D berkat torehan 3 poin dari 2 pertandingan. Timnas Indonesia masih harus menjalani misi maha berat dengan berduel melawan Jepang yang tengah menduduki posisi 2 tabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.