Sukses

Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui duel kontra Vietnam di matchday kedua Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024), bakal berjalan sulit lantaran kedua tim sama-sama berambisi memetik kemenangan usai menelan kekalahan di laga pembuka.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui duel kontra Vietnam di matchday kedua Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024), bakal berjalan sulit. Hal itu lantaran kedua tim sama-sama berambisi memetik kemenangan usai menelan kekalahan di laga pembuka.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia takluk di tangan Irak dengan 1-3 saat menghadapi pertandingan perdana penyisihan Grup D di Ahmed bin Ali Stadium pada Senin (15/1/2024) malam WIB.

Skuad Garuda gagal menyaingi Singa Mesopotamia yang tampil menekan sejak awal laga, dengan hanya Marselino Ferdinan yang sukses menjadi pencetak gol semata wayang bagi Merah Putih.

Catatan tersebut mau tak mau membuat Timnas Indonesia terdampar di dasar klasemen sementara Piala Asia 2023 dengan perolehan 0 poin dari 1 pertandingan. Tim racikan Shin Tae-yong punya PR besar mengamankan angka di laga selanjutnya jika ingin menjaga asa tembus ke 16 besar.

Sayangnya, lawan Skuad Garuda dalam pertandingan kedua Piala Asia bukan kaleng-kaleng. Timnas Indonesia dipaksa melewati adangan musuh bebuyutannya Vietnam yang juga tengah mengincar kemenangan perdana.

Adapun pasukan Philippe Troussier sejatinya tampil apik saat turun di duel pembuka melawan Jepang. Vietnam sempat unggul 2-1 di babak pertama, tetapi Jepang membalikkan keadaan jelang turun minum sekaligus mengunci kemenangan 4-2.

Catatan tersebut membawa The Golden Star kini bertengger satu setrip di atas Indonesia dalam tabel sementara grup D. Vietnam juga belum mengumpulkan 1 poin pun dari laga yang dilakoni, tetapi unggul prodktivitas gol ketimbang skuad Garuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong Jelang Lawan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun tak menampik bahwa pertandingan kedua Piala Asia 2023 bakal jadi momen berat. Kendati begitu, juru taktik asal Korea Selatan optimistis anak-anak asuhnya dapat menunjukkan performa maksimal saat menghadapi Vietnam.

"Indonesia dan Vietnam sudah lama bertanding bersama. Bukan hanya di kompetisi Piala Asia, melainkan juga di Kualifikasi Dunia, kami pun akan menghadapi Vietnam. di laga pertama kami berdua kalah, dan laga ini akan jadi sangat penting buat kami karena kedua tim ingin menang," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan, Kamis (18/1/2024).

"Ini akan jadi pertandingan yang sulit, pertandingan yang penting buat Indonesia. Kami tahu bahwa kedua tim ingin memenangkan pertandingan, jadi kami butuh performa yang bagus. Saya percaya kami (skuad Garuda) dapat mewujudkan hal itu," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Berikut sisa jadwal Timnas Indonesia di fase penyisihan grup D Piala Asia 2023.

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB - Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

Rabu, 24 Januari 2024

18:30 WIB - Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.