Sukses

Asnawi Mangkualam: Timnas Indonesia Bukan Tim Lemah di Piala Asia 2023

Asnawi Mangkualam menegaskan Timnas Indonesia bukan tim lemah pada Piala Asia 2023 di Doha, Qatar. Skuad Garuda akan menghadapi Irak pada laga perdana, Senin, 15 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Asnawi Mangkualam ingin membuktikan Timnas Indonesia bukan tim lemah pada Piala Asia 2023 di Doha, Qatar. Optimisme tersebut diungkapkan berbekal kesiapan yang sudah tersusun lewat latihan panjang dan intensif serta sejumlah laga uji coba.

"Semua pemain dalam kondisi terbaik dan siap bermain maksimal. Kami siap membuktikan kalau (timnas) Indonesia bukan tim yang lemah," kata kapten Timnas Indonesia itu di Doha, Qatar, seperti dikutip dari Antara.

Asnawi Mangkualam mengatakan bahwa Skuad Garuda membawa kekuatan berbeda untuk menghadapi Irak kedua kalinya. Pada pertemuan pertama di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia 2023 lalu, Indonesia kalah dari Irak dengan skor 1-5.

"Saya ingin sampaikan kami dalam kondisi yang lebih baik dari dua bulan lalu saat bertemu Irak di kualifikasi Piala Dunia. Kami sekarang datang dengan kekuatan yang berbeda dan kondisi yang jauh lebih baik," ucap bek Timnas Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Berikan Perlawanan Keras

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan saat bertemu Irak di Basra International Stadium, November 2023, Skuad Garuda datang sebagai tim tamu. Selainnya, timnya membawa bekal persiapan yang sangat minim.

Mulai dari waktu latihan yang sempit hingga perjalanan jauh dan lama, diakui Shin sangat berpengaruh pada kualitas pemainnya saat itu.

"Sebelum kami melawan Irak di kandang mereka, kondisi yang kami alami sangat tidak mengenakkan. Jarak tempuh yang jauh dan tak punya persiapan yang cukup saat itu," tutur Shin.

Shin meminta para pemainnya untuk tidak melihat hasil buruk dari pertemuan tahun lalu dan harus bersiap untuk memberikan perlawanan yang lebih keras pada Irak.

"Kami akan bermain dengan apa yang kami bisa dan memamerkan kekuatan kami," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Grup Berat

Sekadar informasi, Timnas Indonesia tergabung dalam grup berat pada Piala Asia 2023 di Qatar. Skuad Garuda akan bersaing dengan Irak, Vietnam, dan Jepang di Grup D.

Setelah menghadapi Irak, Timnas Indonesia bertemu Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2024. Lima hari kemudian, Skuad Garuda akan menantang tim kuat Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.