Sukses

Hasil Malaysia Open 2024: Dibekuk Unggulan Pertama, Fajar/Rian Gagal Pertahankan Gelar

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar Malaysia Open. Mereka kandas pada babak perempat final edisi 2024 usai dikalahkan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar Malaysia Open. Mereka kandas pada babak perempat final edisi 2024 usai dikalahkan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Fajar/Rian menyerah 21-16, 17-21, 18-21 di Axiata Arena, Jumat (12/1/2023). Dengan hasil ini, Indonesia tidak lagi memiliki wakil di turnamen BWF level Super 1000 tersebut. 

Jalan Pertandingan Malaysia Open 2024

Kedua pasangan terlibat duel sengit sejak awal laga. Liang/Wang sempat memimpin dua poin 3-1 dan 4-2. Namun, Fajar/Rian mampu menandingi.

Laga ketat berlangsung hingga 8-8. Di titik ini Fajri mendapat angin dengan meraih lima poin beruntun. Keunggulan lebar itu memberi mereka napas, meski Liang/Wang sempat memangkas defisit menjadi 12-14.

Fajar/Rian kembali melesat 19-13. Mereka pun akhirnya mengamankan gim pembuka.

Di gim berikutnya, Fajar/Rian bisa menjaga momentum. Mereka memimpin sejak awal dan menutup interval 11-7.

Namun, Liang/Wang pantang menyerah. Unggulan pertama Malaysia Open 2024 itu memetik empat angka berturut-turut untuk menyamakan kedudukan dan bahkan balik memimpin 13-12.

Pertandingan seru terjadi hingga 17-17. Sayang, kali ini giliran Liang/Wang yang meraih momentum dengan memetik empat poin beruntun sehingga berlangsunglah rubber.

Fajar/Rian balik tercecer sepanjang gim ketiga. Mereka tertinggal 1-4, 4-8, hingga 6-13. Namun, Fajri coba bangkit dan memperkecil selisih 12-14.

Meski begitu, Liang/Wang kembali menjauh usai memetik tiga angka beruntun. Keduanya lalu bisa menjaga skor sampai memastikan kemenangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gregoria Mariska Tunjung Kandas di Malaysia Open 2024

Pada pertandingan yang berlangsung Jumat pagi, tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung harus mengakui keunggulan Chen Yu Fei asal China. Jorji, sapaannya, takluk 13-21, 17-21.

Di awal gim pertama, Gregoria bermain buruk sehingga langsung tertinggal jauh 3-11. Meski coba meladeni permainan Chen Yu Fei, Gregoria sering melakukan kesalahan sendiri dan game ini pun berakhir 21-13.

Perubahan terjadi di gim kedua. Gregoria langsung melejit dalam pengumpulan angka hingga 6-2. Namun, Chen Yu Fei pelan-pelan merubah situasi dan berbalik unggul 7-6.

Berbeda dengan gim pertama, duel menjadi sengit dan berimbang di game kedua hingga sempat terjadi skor 12-12. Namun, Chen Yu Fei kembali mendominasi permainan dan mengakhiri set ini 21-17.

3 dari 3 halaman

Wakil Indonesia Berguguran di Malaysia Open 2024

Fajar/Rian dan Gregoria merupakan wakil tersisa Indonesia yang mencapai perempat final. Sementara empat harapan lain kandas di babak 16 besar, dengan lima langsung terhenti di putaran pertama. 

Pada perdelapan final, mereka yang tersisih adalah Anthony Sinisuka Ginting, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanulle Widjaja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini