Sukses

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Irak Lawan Pertama, Siaran Langsung Televisi

Timnas Indonesia akan menghadapi ujian berat menghadapi Irak pada laga pertama grup D Piala Asia 2023. Timnas Garuda usung misi redam tim asal Asia Barat ini di laga nanti.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia siap tempur di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Indonesia memang babak belur di uji coba tapi coba beri perlawanan berarti sejak fase grup D karena tergabung bersama Irak, Jepang dan Vietnam.

Timnas Indonesia seakan mengulang lagi laga kualifikasi Piala Dunia 2026 karena jumpa lagi dengan Irak dan Vietnam. Timnas Garuda sudah menjajal Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hasilnya? Indonesia babak belur karena kalah 1-5 dari Irak. Namun Timnas Indonesia kini berkesempatan untuk menjajal Irak lagi dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan sejak 21 Desember sampai 6 Desember di Antalya Turki. Indonesia menggelar dua kali uji coba melawan Libya dengan hasil belum memuaskan; kalah 0-4 dan kalah 1-2.

Jelang bergulirnya Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berkesempatan untuk menghadapi Iran pada laga uji coba terakhir yang berlangsung 9 Januari 2024 lalu. Indonesia kembali menelan kekalahan telak 0-5 dari tim yang berjulukan team Melli itu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong tetap mengapresiasi kerja keras pemain. Meski begitu, dia melihat pemain masih banyak melakukan kesalahan utamanya di lini pertahanan.

"Kalau lihat hasil pertandingan memang mengecewakan tetapi para pemain sudah bekerja keras. Kalau dilihat dari isi pertandingannya baik, tidak masalah," kata STY seusai pertandingan kontra Iran.

Ke depan STY akan berusaha melatih timnas Indonesia agar lebih bagus lagi saat melakukan serangan balik dan mengurangi kesalahan saat menguasai bola.

"Memang ada beberapa kali kesalahan dari lini belakang kita. Apalagi tiga gol dari kesalahan kita sendiri sehingga kita kasih gol ke lawan. Ke depan pasti akan lebih banyak menguasai bola dari lawan. Kita akan latih bagaimana bisa menyerang balik dan pemain bisa menciptakan peluang yang baik," sambung STY.

Jadwal dan siaran langsung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 bisa Anda dapatkan di halaman berikutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi Shin Tae-Yong di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia memiliki peringkat terburuk di antara peserta Grup D Piala Asia 2023. Agar tetap bisa memetik angka dan lolos ke babak gugur, pelatih Shin Tae-yong sudah menyiapkan strategi bermain.

Sosok asal Korea Selatan itu bakal menerapkan taktik serangan balik saat menghadapi lawan-lawan yang identik dengan penguasaan bola pada turnamen di Qatar.

"Ke depannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kami akan melatih situasi itu agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " kata Shin Tae-yong pada keterangan resmi.

3 dari 4 halaman

Elkan Baggott Ambil Pelajaran Berharga

Menyikapi hasil negatif kontra Iran, bek Timnas Indonesia Elkan Baggott ogah memandang negatif. Malahan ia menilai hasil tersebut bisa menjadi ajang pembelajaran bagi skuad Garuda yang sudah dinanti lawan-lawan berat di ajang Piala Asia 2023.

"Sekali lagi, kami melewati pertandingan yang bisa menjadi pembelajaran. Kami melakukan beberapa pemainan yang menarik, tetapi sayang kami kembali kebobolan denga mudah," ujar Elkan, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Hasil ini mungkin tidak mencerminkan bagaimana pertandingan berjalan. Akan tetapi, ini adalah 90 menit yang menjadi pelajaran bagi banyak pemain. Kami tahu kami harus siap dan fit di pertandingan pertama (Piala Asia) nanti," tambahnya selepas laga.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

 

15 Januari 2024

21.30 WIB : Indonesia vs Irak

Stadion: Ahmad Bin Ali Stadium, Al Rayyan

Live: RCTI

19 Januari 2024

21.30 WIB Vietnam vs Indonesia

Stadion: Abdullah bin Khalifa, Doha

Live: RCTI

24 Januari 2024

18.30 WIB Jepang vs Indonesia

Stadion: Al Thunama Stadium, Doha

Live: RCTI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.