Sukses

Profil Franz Beckenbauer, Pemain Legendaris Jerman yang Meninggal Dunia Setelah 8 Tahun Menghindari Sorotan Publik

Kabar duka menyelimuti kancah sepak bola dunia di awal tahun 2024. Pemain bertahan legendaris asal Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia di usia 78 tahun. Simak profil, perjalanan karier, serta prestasi Beckenbauer melalui artikel berikut!

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka menyelimuti kancah sepak bola dunia di awal tahun 2024. Pemain bertahan legendaris asal Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia di usia 78 tahun.

Kepergian pria berjuluk Der Kaiser itu pun telah diumumkan secara resmi oleh pihak keluarga. Mereka berharap publik dapat berduka dalam diam dan menahan diri dengan tak mengajukan pertanyaan terkait situasi.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami dan ayah, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya," ucap keluarga Beckenbauer dalam pernyataan resminya.

"Kami meminta Anda untuk berduka dalam diam dan menahan diri agar tidak bertanya apa pun," sambung pihak keluarga pasca kepergian mantan pemain legendaris Bayern Munchen.

Menurut laporan BBC yang dilansir dari Daily Mail, Beckenbauer memang sempat mengalami masalah kesehatan sejak beberapa tahun silam. Kabar itu muncul ketika sang legenda sepak bola Jerman diinvestigasi menyusul adanya dugaan keterlibatan skandal Piala Dunia 2006.

Kesehatan Beckenbauer juga diklaim terpengaruh akibat meninggalnya sang putra, Stephan pada 2015 silam. Ia lantas menghilang dari sorotan publik selama kurang lebih delapan tahun, hingga kepergiannya diumumkan oleh pihak keluarga baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Awal Karier Franz Beckenbauer

Menilik perjalanan karier Franz Beckenbauer, pria kelahiran 11 September 1945 itu sejatinya tak sejak awal mengemban tugas sebagai pemain bertahan.

Beckenbauer awalnya merupakan gelandang, tetapi takdir membawa dia beralih menjadi bek dan mengecap kesuksean besar, baik di level klub maupun internasional.

Adapun Beckenbauer mengawali kariernya di klub negara asal, Bayern Munchen. Ia berhasil tembus ke tim utama pada 1964, lalu menghabiskan waktu 13 tahun untuk mengabdi bersama tim raksasa Bundesliga.

Total, Beckenbauer mampu menyumbangkan tiga gelar juara Eropa, empat trofi Bundesliga, empat titel DBL Pokal serta satu Piala Intercontinental untuk Bayern Munchen. Ia juga tercatat mampu mengoleksi 74 gol dan 75 assists dalam 582 pertandingan bersama Die Roten.

3 dari 5 halaman

Pindah ke Klub Amerika

Kebersamaan Franz Beckenbauer bersama Bayern Munchen baru berakhir pada 1977, ia pindah ke New York Cosmos dan langsung berhasil menyambung cerita suksesnya. Beckenbauer selalu meraih gelar juara North American Soccer League sepanjang tiga musimnya di sana.

Mantan pesepak bola kelahiran 1945 lantas memutuskan pulang ke Jerman untuk memperkuat Hamburger SV setelah menjalani karier hingga 1980 di klub Amerika.

Beckenbauer kembali mengecap sukses ketika Hambuerger keluar sebagai juara Bundesliga 1982. Setelahnya Beckenbauer sempat sekali lagi berpindah ke NY Cosmos, sebelum memutuskan gantung sepatu pada 1983.

4 dari 5 halaman

Karier Internasional Franz Beckenbauer

Sementara itu di panggung internasional, Franz Beckenbauer juga dikenal sebagai salah satu pemain belakang paling sukses sepanjang sejarah. Ia mampu mencatatkan total 103 caps bersama Timnas Jerman sekaligus mengoleksi 14 gol dan 10 assists untuk negaranya.

Beckenbauer juga dikenal sebagai sosok yang berhasil membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 setelah mengalahkan Belanda di partai final.

Selain itu, Beckenbauer juga sempat mendulang gelar bergengsi lain saat membela Jerman Barat, yakni juara Euro 1972, serta memenangkan penghargaan Ballon d'Or pertamanya di tahun yang sama sebelum menduplikasi titel individualnya pada 1976.

5 dari 5 halaman

Sukses Sebagai Pelatih

Adapun sebagai pelatih, Beckenbauer berjasa membawa Jerman juara Piala Dunia 1990 dan runner-up empat tahun sebelumnya. Di Euro, eks pemain legendaris Bayern Munchen membantu negaranya meraih juara ketiga pada tahun 1988.

Sedangkan di level klub, Beckenbauer turut meraih sejumlah prestasi membanggakan. Ia sukses menyabet gelar juara Ligue 1 bersama Olympieque Marseille serta memenangkan Bundesliga dan Piala UEFA saat memoles Bayern Munchen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.