Sukses

Malaysia Open 2024: Apriyani/Fadia dan Ribka/Lanny Mundur, Indonesia Tanpa Wakil di Ganda Putri

Indonesia tidak akan memiliki wakil di nomor ganda putri pada Malaysia Open 2024 yang bergulir 9-14 Januari mendatang. Pasalnya, PBSI menarik partisipasi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tidak akan memiliki wakil di nomor ganda putri pada Malaysia Open 2024 yang bergulir 9-14 Januari mendatang. Pasalnya, PBSI menarik partisipasi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Apriyani tengah menjalani pemulihan cedera betis. Maka, pelatih ganda putri PBSI Eng Hian menyebut langkah ini sebagai opsi terbaik. Tidak hanya Malaysia Open, Apri/Fadia juga batal mengikuti India Open yang berlangsung sepekan berselang.

"Setelah berdiskusi dengan Kabid Binpres dan tim dokter PBSI, memang lebih baik memberikan waktu istirahat yang lebih panjang untuk Apriyani dalam proses pemulihan cedera betisnya," kata Eng Hian dilansir situs PBSI.

Lebih lanjut, Eng Hian menjelaskan kondisi Apriyani memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan. Tapi tetap diperlukan waktu untuk benar-benar siap bertanding 100 persen.

"Kondisi Apri cukup bagus tapi kami mau lihat 10 hari ke depan lagi, kami mau dia benar-benar siap 100 persen, baru kembali bertanding. Mengenai persaingan menuju Olimpiade, biar kami di tim kepelatihan yang memikirkannya, dia hanya perlu fokus di penyembuhan," ujarnya.

Selain Apri/Fadia, Indonesia juga kehilangan pasangan ganda putri lain setelah Ribka mengalami sakit.

"Ribka ada sakit dan sampai hari ini belum bisa kembali latihan. Jadi saya juga menarik Ribka/Lanny dari Malaysia Open," ungkap Eng Hian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Sisakan 12 Wakil di Malaysia Open 2024

Dengan begitu, Indonesia hanya mengirim 12 wakil ke Malaysia Open 2024. Sebanyak empat di antaranya berstatus unggulan.

Mereka adalah duo tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tahun lalu Indonesia membawa pulang satu gelar dari ajang ini. Titel dipersembahkan Fajar/Rian yang menaklukkan duo China Liang Wei Keng/Wang Chang di laga puncak.

Para atlet dipastikan tambah bersemangat untuk meraih hasil terbaik di Malaysia Open 2024. Pasalnya, turnamen ini masuk penghitungan poin pada kualifikasi cabor bulu tangkis Olimpiade 2024 di Paris.

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Wakil Indonesia di Malaysia Open 2024

Tunggal Putra

Jonatan Christie (6) vs Kidambi Srikanth (India)

Anthony Sinisuka Ginting (4) vs Su Li Yang (Chinese Taipei)

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Li Shi Feng (3/China)

Tunggal Putri

Putri Kusuma Wardani vs Han Yue (8/China)

Gregoria Mariska Tunjung (7) vs Natsuki Nidaira (Jepang)

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5) vs Dong Adam/Nyl Yakura (Kanada)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (4/Denmark)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Akira Koga/Taichi Saito (Jepang)

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (2/India)

Ganda Campuran

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman)

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanulle Widjaja vs Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Mathias Thyrri/Amalie Magelund (Denmark)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.