Sukses

Kaleidoskop 2023: Bulu Tangkis Indonesia Cetak Sejarah Buruk di Asian Games 2023

Indonesia gagal meraih medali pada cabang bulu tangkis di Asian Games 2023. Ini adalah kali pertama skuad Merah Putih tanpa medali di cabang bulu tangkis.

Liputan6.com, Jakarta - Bulu tangkis selama ini selalu menjadi andalan Indonesia setiap mengikuti pesta olahraga multi event. Pada Asian Games 2023 di Hangzhou, China, 28 September - 8 Oktober, cabang olahraga tepok bulu ini kembali diandalkan untuk menyumbangkan medali.

Cabang bulu tangkis pada Asian Games 2023 memperebutkan tujuh medali emas. Dua medali emas di nomor beregu putra dan putri, sementara lima lainnya pada nomor perorangan.

Dari ketujuh medali itu, Kabid Binpres PBSI Rionny Mainaky menargetkan tiga medali. Nomor andalan yang ditargetkan meraih medali emas adalah beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra.

Di Asian Games empat tahun lalu, saat menjadi tuan rumah, Indonesia merebut dua medali emas bulu tangkis. Medali emas didapat lewat ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Jonatan Christie di tunggal putra.

Selain emas, Indonesia juga mempersembahkan dua medali perak lewat nomor beregu putra dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Empat medali perunggu datang dari sektor tunggal putra, ganda putri, beregu putri, dan ganda campuran.

Lantas, bagaimana prestasi bulu tangkis Indonesia di Asian Games 2023 Hangzhou?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Medali di Asian Games 2023

Pada empat tahun lalu, atlet-atlet bulu tangkis Indonesia yang diturunkan di Asian Games merupakan skuad terbaik. Sementara di Asian Games 2023, tim bulu tangkis Indonesia merupakan kombinasi dari para atlet senior dan junior.

Di putra, 10 atlet yang dikirim antara lain Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Rehan Naufal Kusharjanto, Rinov Rivaldy, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Shehar Hiren Rhustavito, dan Anthony Sinisuka Ginting.

Sementara di putri adalah Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma, Lisa Ayu Kusumawati, Pitha Haningtyas Mentari, Amalia Cahaya Pratiwi, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Putri Kusuma Wardani, Gregoria Mariska Tunjung, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Pada nomor beregu, tim bulu tangkis putra dan putri Indonesia tersingkir di perempat final. Jonatan Christie dan rekan-rekan kalah 1-3 melawan Korea Selatan. Sedangkan Gregoria Mariska Tunjung cs dan dikalahkan Cina dengan 0-3.

Di nomor perorangan, tiga wakil Indonesia yang tersisa yaitu tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga kalah dalam laga perempat final.

Anthony Ginting kalah dari wakil China Li Shi Feng dengan skor 13-21 dan 17-21. Sementara Gregoria takluk dengan 10-21, 19-21 dari andalan Jepang. Aya Ohori. Sedangkan Fajar/Rian gagal ke semifinal setelah menyerah dari pasangan Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin 19-21 dan 18-21.

 

3 dari 4 halaman

Pertama Kali Tanpa Medali di Asian Games

Sejak bulu tangkis dipertandingkan di Asian Games pada 1962, Indonesia selalu meraih medali pada tiap penyelenggaraannya. Secara total, Indonesia mengumpulkan 69 medali, yakni 22 emas, 17 perak, dan 30 perunggu.

Sektor ganda putra menjadi yang paling banyak menyumbangkan medali bagi indonesia. Total, 21 medali yang terdiri dari 8 emas, 5 perak, dan 8 perunggu.

Karena itu, sektor ganda putra selalu jadi sorotan. Namun, kegagalan di Asian Games 2023 membuat tim bulu tangkis Indonesia untuk kali pertama tidak meraih medali.

Minus medali di Asian Games 2023 menjadi lampu kuning PBSI untuk segera bangkit atas kegagalan ini.Pasalnya, Olimpiade 2024 Paris tinggal berjarak sekitar enam dari saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Rekap Medali Kontingen Indonesia

Indonesia meraih tujuh medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu dari Asian Games 2023. Tujuh medali emas masih di luar target Kementerian Pemuda dan Olahraga yang mematok 12 medali emas.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga berharap kontingen Merah Putih finis di 10 besar. Target ini juga tidak tercapai karena Indonesiaharus puas finis di posisi ke-13 klasemen medali Asian Games 2023.

Berikut daftar peraih medali emas:

1. Amellya Nur Syifa (BMX Women Race)

2. Zubakri, Dedi Saputra, Andri Agus Mulyana, Harjuna, Tri Wahyu Buwono, Yuda Firmansyah, Indra Tri Setiawan, Joko Andriyanti, Maizir Riyondra, Mugi Harjito, Muh Burhan, Sutrisno, Sofiyanto, dan Angga Suwandi Putra (Perahu Naga Dragon Boat (12) Men’s 1000m Straight Race)

3. Muhammad Sejahtera Dwi Putra (Menembak 10m Running Target Men)

4. Muhammad Sejahtera Dwi Putra (Menembak 10m Running Target Mixed Run Men)

5. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing Women’s Speed)

6. Rahmat Erwin Abdullah (Angkat Besi Men’s 73Kg)

7. Harris Horiatus (Wushu Men’s Nanquan and Nangun All-Round)

Read more: https://setkab.go.id/inilah-daftar-peraih-medali-indonesia-di-asian-games-2022-hangzhou

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.