Sukses

Setelah Manchester United, Arsenal Resmi Tolak Gabung Liga Super Eropa

Klub raksasa Liga Inggris, Arsenal, baru-baru ini mengumumkan sikap terbarunya dengan menolak terlibat dalam European Super League. Dalam pernyataannya, The Gunners dengan tegas menyatakan kesetiaan mereka terhadap kompetisi UEFA.

Liputan6.com, Jakarta - Klub raksasa Liga Inggris Arsenal mengumumkan sikap dengan menolak terlibat dalam European Super League. Dalam pernyataannya, The Gunners dengan tegas menyatakan kesetiaan mereka terhadap kompetisi UEFA.

Mereka bergabung dengan klub-klub Liga Inggris lain seperti Manchester United, Manchester City, Tottenham, dan Chelsea, yang juga mengambil langkah serupa. Kelima klub tersebut, bersama dengan tim lainnya secara terang-terangan menolak keterlibatan saat liga kontroversial tersebut diinisiasi kembali.   

"Kami akan terus bermain di kompetisi UEFA dan terus bekerja sama dengan sesama klub Eropa dan Asosiasi Klub Eropa (ECA)," tulis situs resmi Arsenal.

Sebelumnya, Pengadilan Eropa di Luksemburg mengambil keputusan bahwa UEFA dan FIFA telah 'menyalahgunakan posisi dominan' dengan mengancam 12 klub pencetus Liga Super Eropa pada tahun 2021. Tanpa menunggu lama, penyelenggara Super League segera meluncurkan versi terbaru dari proyek mereka. Saat ini, hanya dua klub besar Spanyol, yaitu Barcelona dan Real Madrid, yang tetap loyal terhadap konsep Super League.  

“Klub sepak bola Arsenal mencatat keputusan Pengadilan Eropa pada Kamis, 21 Desember 2023 dan posisi kami terkait European Super League tidak berubah," jelasnya.

Promotor A22 menyatakan bahwa 'monopoli UEFA telah berakhir, sepak bola kini menjadi lebih bebas'. Mereka berencana untuk membuat sebuah kompetisi pria yang terdiri dari 64 tim papan atas Eropa, dibagi menjadi tiga divisi, dengan tujuan untuk merusak dominasi Liga Champions UEFA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompak dengan Tim Raksasa Inggris Lainnya

Sebelum Arsenal, lima klub lainnya seperti Manchester United, Manchester City, Tottenham, dan Chelsea telah lebih dahulu mengeluarkan pernyataan terkait European Super League. Kelima klub tersebut menolak proposal terbaru untuk bergabung dalam liga kontroversial tersebut.   

MU menjadi tim pertama di antara enam klub besar Liga Inggris yang mengumumkan pernyataan menolak sebagai respons terhadap isu tersebut.

"Posisi kami tidak berubah. Kami tetap berkomitmen penuh untuk berpartisipasi dalam kompetisi UEFA, dan menjalin kerja sama positif dengan UEFA, Liga Premier, dan sesama klub melalui ECA untuk kelanjutan pengembangan sepak bola Eropa," tulisnya disitus resmi MU.

3 dari 3 halaman

Bisa Ditendang dari Liga Inggris oleh PM Rishi Sunak

Jika ada klub dalam Liga Inggris yang berkeinginan untuk bergabung dengan European Super League, pemerintah Inggris berkomitmen untuk melarang tindakan tersebut.

Meskipun keputusan mengejutkan dari Pengadilan Eropa memberikan semangat baru bagi pendukung Super League, Rishi Sunak mendorong agar RUU Tata Kelola Sepak Bola yang akan datang digunakan untuk menghambat partisipasi klub-klub Inggris dalam liga baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • UEFA atau Union of European Football Associations, dalam bahasa Indonesia disebut Uni Sepak Bola Eropa,

    UEFA

  • FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional
    FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional

    FIFA

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • the Gunners

  • Super League

Video Terkini