Sukses

TC Piala Asia 2023 Dimulai, Shin Tae-yong Optimistis Timnas Indonesia Lolos 16 Besar

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya mampu mengamankan tiket babak 16 besar ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya mampu mengamankan tiket babak 16 besar ajang Piala Asia 2023 di Qatar. 

Sebagaimana diketahui, Asnawi Mangkualam dan kolega memang bakal segera bersaing dalam kompetisi sepak bola level Asia mulai 12 Januari hingga 10 Februari mendatang. 

Skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama negara-negara papan atas sekelas Jepang, Irak, serta musuh bebuyutan di Asia Tenggara, Vietnam. 

Juru taktik skuad Garuda Shin Tae-yong sebelumnya telah memanggil total 29 nama guna mengikuti pemusatan latihan di Turki mulai 20 Desember sampai 6 Januari.

Pelatih asal Korea Selatan pun optimistis dengan adanya persiapan, Skuad Garuda mampu tembus dari fase grup menuju babak knock-out kompetisi Piala Asia 2023.

"Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu, saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras," ujar Shin Tae-yong seperti dipansir dari situs resmi PSSI.

"Indonesia secara ranking FIFA juga paling rendah (di antara ketiga tim lainnya). Namun dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi. Kita juga mohon doa dan dukungan seluruh fans, pendukung, dan rakyat Indonesia agar kami meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023," tambah pelatih berusia 53 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bawa 26 Pemain ke Qatar

Meski memanggil total 29 penggawa saat TC, Timnas Indonesia cuma bisa mengangkut 26 nama untuk memperkuat skuad di ajang Piala Asia 2023. Dari total 26 pemain tersebut pun, hanya 23 di antaranya yang bisa masuk daftar starting line-up.

Untuk itu, pemusatan latihan di Turki akan dimanfaatkan secara maksimal oleh Shin Tae-yong guna membentuk tim tangguh. Sejauh ini, baru 18 nama yang dilaporkan ikut ke berangkat ke Turki pada Rabu (20/12/2023), dengan sisanya akan menyusul di Antalya. 

"Kami bisa membawa 26 pemain di Qatar. Tapi saat pertandingan, kami hanya bisa (memasukkan) 23 pemain," jelas pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk TC di Turki

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

 

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

 

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Adam Alis - Borneo FC

20. Arkhan Fikri - Arema FC

21. Yakob Sayuri - PSM Makassar

22. Yance Sayuri - PSM Makassar

23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

 

Depan:

25. Hokky Caraka - PSS Sleman

26. Ramadhan Sananta - Persis Solo

27. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

28. Dimas Drajad - Persikabo

29. Rafael Struick - ADO Den Haag

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.