Sukses

Hasil BWF World Tour Finals 2023: Kalah dalam Duel Sengit, Fajar/Rian Gagal Melaju ke Partai Final

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melaju ke babak final setelah takluk 20-22, 21-12, dan 16-21 dari pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang dalam duel semifinal di Hangzhou Olympic Sports Expo Center, China, Sabtu (16/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menghidupkan asa meraih gelar juara ajang BWF World Tour Finals 2023.

Keduanya takluk dari pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang setelah melakoni duel sengit tiga game, 20-22, 21-12, dan 16-21 dalam partai semifinal di Hangzhou Olympic Sports Expo Center pada Sabtu (16/12/2023) siang WIB. 

Tensi tinggi langsung tersaji di game pertama semifinal ganda putra BWF World Tour Finals 2023 yang mempertemukan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan Liang Wei Keng/Wang Chang.

Pasangan tuan rumah bermain agresif sejak awal laga, sehingga membuat wakil Indonesia kesulitan dan terpaksa berada di posisi minor. Fajar/Rian sempat mencoba bangkit dengan menyamakan kedudukan menjadi 10-10. Akan tetapi, service error yang dilakukan Rian mengantar ganda putra Merah Putih kembali tertinggal 10-11 saat jeda.

Fajar/Rian baru bisa menyeimbangkan skor lagi selepas interval. Backhand drive Fajar Alfian gagal dikembalikan dengan baik oleh pasangan China, sehingga kedudukan duo pasangan menjadi setara 14-14.

Drama kejar-kejaran poin tersaji mendekati akhir game pertama. Fajar/Rian sempat berbalik memimpin 19-18 usai netting silang yang dikirim Fajar tak mampu diantisipasi oleh Liang/Wang. Malang, momentum ini gagal dimaksimalkan oleh ganda putra bulu tangkis Indonesia.

Justru wakil tuan rumah yang lebih dulu mendapat game point opportunity di kedudukan 19-20. Upaya Fajar/Rian yang memaksa laga menjadi deuce pun gagal berbuah apik. Wakil Tanah Air takluk 20-22 pada pengujung game pembuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Duel Sengit Fajar/Rian vs Wakil China

Fajar/Rian mencoba menciptakan skenario berbeda di game kedua. Wakil Indonesia balas bermain agresif dan mampu unggul 8-3 atas Liang/Wang di permulaan set. Keduanya pun masih dominan 11-4 memasuki jeda game kedua.

Dominasi ini coba dipertahankan, dengan Fajar/Rian berhasil mengumpulkan tambahan dua angka beruntun pasca interval. Malang torehan ganda putra Indonesia akhirnya berhasil diputus duo China setelahnya.

Kedua pasangan menjadi hanya berselisih enam angka di kedudukan 14-8. Sejumlah unforced errors yang dilakukan Fajar/Rian juga sempat memberi angin segar buat Liang/Wang. Beruntung wakil Indonesia sanggup mengakhiri game kedua dengan 21-12 sekaligus memaksa laga berlanjut ke set penentu.

Fajar/Rian diharapkan mampu meneruskan permainan impresifnya di game ketiga. Akan tetapi, ganda putra Merah Putih malah berada di posisi minor sejak awal dan tertinggal jauh 3-11 saat interval.

Fajar Alfian coba menampilkan permainan apik selepas jeda. Ia berperan penting dalam membawa duo Indonesia mengumpulkan lima angka berturut-turut, sehingga memangkas ketertinggalan menjadi 8-11.

Pasangan Merah Putih sempat mendekat lagi hingga kedudukan 11-12. Akan tetapi Liang/Wang segera melesat, dengan perolehan poin ganda putra China menjadi tak terbendung setelahnya.

Wakil Indonesia pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawan di babak semifinal BWF World Tour Finals 2023. meski telah berupaya mengejar ketertinggalan, Fajar/Rian tetap dipaksa tunduk 16-21 oleh Liang/Wang.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals, Sabtu 16 Desember 2023

Lapangan 1

Pertandingan 4: Fajar Alfian/Muhamnmad Rian Ardianto vs  Liang Wei Keng/Wang Chan (China); 20-22, 21-12, 16-21

Pertandingan 7: Jonatan Christie vs Shi Yu Qi (China) 

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.